Waspada Hoax! Beredar Video Erupsi Gunung Semeru, Ini Faktanya


Selasa, 01 Desember 2020 - 20:02:54 WIB
Waspada Hoax! Beredar Video Erupsi Gunung Semeru, Ini Faktanya Sebuah video yang memperlihatkan erupsi sebuah gunung di dekat laut dengan muntahan lava pijar dari puncak ramai di media sosial.

SURABAYA, HARIANHALUAN.COM – Sebuah video yang memperlihatkan erupsi sebuah gunung di dekat laut dengan muntahan lava pijar dari puncak ramai di media sosial. Dalam unggahan yang beredar, disebut muntahan lava pijar itu terjadi di Gunung Semeru, Jawa Timur, Selasa (1/12/2020). 

Namun, dipastikan bahwa video tersebut hoaks. Narasi yang beredar, salah satu akun Facebook yang mengunggah video hoaks tersebut ialah Jakarta Keras, pada Selasa (1/12/2020). Akun tersebut menuliskan, "Pray for Semeru". 
Di Twitter, video serupa juga diunggah akun @niatakusumah. “Semeru tadi pagi, semoga tdk menimbulkan korban jiwa,” tulisnya. 

Hingga kini postingan tersebut telah dibagikan lebih dari 357 kali dan disukai lebih dari 1,8 ribu pengguna. semeru tadi pagi semoga tdk menimbulkan korban jiwa pic.twitter.com/JPRcJodGmb — AMNiatakusumah (@niatakusumah) December 1, 2020 

Konfirmasi wartawan, Kasi Kedaruratan BPBD Jawa Timur, Satriyo Nurseno, menjelaskan video erupsi yang beredar sebagaimana dalam postingan tersebut adalah hoaks. “Hoaks itu. Semeru enggak ada lautnya, itu laut kan? Banyak kapal,” kata Satriyo saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/12/2020).

Hal senada juga disampaikan Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG, Nia Haerani. Nia menjelaskan, pada 1 Desember 2020 pukul 01.23 WIB, memang teramati luncuran awan panas di Gunung Semeru dengan jarak luncur 2.000 m ke arah Besuk Kobokan. 

Namun, video yang memperlihatkan lontahan lava pijar dari puncak gunung sebagaimana video yang beredar dalam video tersebut bukanlah video erupsi Gunung Semeru.

“Bukan, itu bukan letusan Semeru, tapi letusan Gunung Sakurajima di Jepang tanggal 12 November 2019,” terang Nia dihubungi Kompas.com, Senin (1/12/2020). 

Nia menjelaskan penampakan awan panas guguran di Semeru pagi tadi adalah sebagai berikut: Berdasarkan penelusuran Kompas.com, letusan dalam video yang beredar adalah benar di Gunung Sakurajima Jepang. 

Salah satu akun Youtube yang mengunggah mengenai letusan Gunung Sakurima adalah chanel Eruption.

Dalam video yang diunggah akun tersebut terlihat bahwa potongan video sama dengan video yang beredar. Berikut link Youtube erupsi Gunung Sakurajima Jepang. 

Kesimpulan: Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, video erupsi gunung di dekat laut dengan muntahan lava pijar bukan erupsi yang terjadi di Gunung Semeru.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]