Liburan Akhir Tahun Dipangkas, Pengusaha Hotel Menjerit


Selasa, 01 Desember 2020 - 22:10:58 WIB
Liburan Akhir Tahun Dipangkas, Pengusaha Hotel Menjerit Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Usai pemerintah membatalkan libur panjang akhir tahun ini, respons dari pelaku usaha pariwisata bermunculan.

Sejumlah daerah yang memang mengandalkan pariwisata diperkirakan bakal terancam kehilangan geliat ekonomi. Salah satu yang paling berpotensi terdampak adalah Bali.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Indonesia Hotel General Manager Association (DPP IHGMA) I Made Ramia Adnyana menyebut saat ini geliat pariwisata pun belum nampak.

"Sekarang kita tetap persiapkan segala sesuatunya untuk menyambut Christmas dan new year tapi kita lihat data bookingan reservasi belum signifikan, apalagi ada pemotongan libur dari pemerintah jadi kita nggak yakin Christmas dan new year akan booming," kata Ramia kepada CNBC Indonesia, Selasa (1/12/2020).

Ia menyebut dalam waktu 2 pekan terakhir, atau sejak 15 November ke atas lalu, belum ada perubahan signifikan terkait reservasi hotel. Masih di angka 1 hingga 2 kali dan tidak secara berurutan. Padahal saat normal, awal Desember ini angka reservasi bisa mencapai 70%.

"Di angka 50% situasi gini sudah bagus. Tapi saya nggak yakin tercapai 50%, artinya kita bicara rata-rata untuk Bali belum kayanya bisa dicapai. Mengingat sampai saat ini belum dengar ada tambahan pesawat, atau ada paket-paket akhir tahun yang menarik, apalagi nggak ada kepastian untuk dibuka international market. Kemarin kan ada wacana 1 Desember akan dibuka tapi sampai saat ini belum ada realisasi," jelasnya.

Beberapa wilayah yang paling terdampak dari kebijakan belum dibukanya pariwisata untuk wisman adalah Kuta, Jimbaran, Seminyak.

Wilayah tersebut berpotensi bakal makin terkena dampak setelah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengumumkan pemotongan libur dan cuti bersama akhir tahun.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]