Hingga Penghujung Tahun 2020, Belum Ada Daerah Terbitkan Obligasi Sukuk


Rabu, 02 Desember 2020 - 01:17:28 WIB
Hingga Penghujung Tahun 2020, Belum Ada Daerah Terbitkan Obligasi Sukuk Virtual Media Gathering 43 tahun diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia, Selasa (1/12/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi mengungkapkan, belum ada daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota yang menerbitkan obligasi daerah ataupun sukuk hingga bulan terakhir tahun 2020.

Padahal, kata Inarno, peraturan mengenai penerbitan obligasi daerah sudah dibuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2017 silam. OJK telah mengeluarkan tiga peraturan pada tahun 2017. Yaitu POJK Nomor 61, 62 dan 63/ POJK.04/ 2017.

"Meskipun, diketahui daerah-daerah sangat membutuhkan dan untuk menalangi pembiayaan akibat anggaran yang tergerus situasi pandemi Covid-19," kata Inarno dalam Virtual Media Gathering 2020 yang diselenggarakan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BEI, KPEI dan KSE, Selasa (1/12/2020) kemarin.

Inarno mengakui, untuk menerbitkan obligasi daerah, memiliki beberapa prosedur yang harus dilalui. Termasuk kebijakan politik di DPRD. Inarno menyebut, ada beberapa daerah yang sudah intens melakukan konsultasi dan koordinasi terkait penerbitan obligasi daerah, terdiri dari empat provinsi dan satu kabupaten. Yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Aceh serta Kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur).

“Daerah ini yang sudah intens, namun masih ada kendala," ulas Inarno.

Sementara itu, Kepala Deputi Pengawasan Pasar Modal 1A OJK, Luthfi Zain Fuady mengatakan, dalam hal edukasi dan pendampingan penerbitan obligasi dan sukuk daerah, OJK berupaya membantu apa yang bisa dibantu. Bahkan sudah ada revisi peraturan untuk mengakomodir kendala yang dihadapi. Kendala terhadap UU juga sudah terjawab di UU Cipta Kerja.

Luthfi menegaskan, perlu pendalaman pemahaman lebih lanjut kepada pemerintah daerah dan DPRD masing-masing terkait hal itu. Namun dia optimis, pemerintah daerah sangat respon terhadap penerbitan obligasi daerah. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]