Permudah Penerbitan Obligasi, BEI Beri Diskon 50 Persen untuk Listing Fee


Rabu, 02 Desember 2020 - 04:21:10 WIB
Permudah Penerbitan Obligasi, BEI Beri Diskon 50 Persen untuk Listing Fee Dok bisnis.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Penilaian Perusahaan PT. Bursa Efek Indonesia (BEI), I Gede Nyoman Yetna Setia mengatakan, pihaknya mempermudah proses penerbitan obligasi daerah atau sukuk. Bahkan BEI memberikan diskon 50 persen untuk listing fee.

"Komitmen kami, mempermudah proses untuk obligasi daerah. Bahkan biaya listing fee diberikan diskon 50 persen," beber Gede dalam Virtual Media Gathering 2020 yang diselenggarakan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BEI, KPEI dan KSEI, Selasa (1/12/2020) kemarin.

Baca Juga : Ternyata Ini Harta Karun RI yang Bernilai Ratusan Triliun

Sementara itu, Kepala Deputi Pengawasan Pasar Modal 1A OJK, Luthfi Zain Fuady mengatakan,beralih ke Sukuk Korporasi sampai dengan 26 November 2020 tercatat ada peningkatan penerbitan Sukuk Korporasi, yakni sebanyak 271dengan total nilai emisi mencapai Rp57,59 triliun, dibandingkan dengan data per 31 Desember 2019 yang hanya menerbitkan Sukuk sebanyak 232 dengan total nilai emisi sebesar Rp48,24 triliun.

Per 26 November 2020, jumlah Reksa Dana syariah juga mengalami peningkatan dibandingkan pada 30 Desember 2019, yakni sebelumnya sebanyak 265 Reksa Dana Syariah dengan total NAB sebesar Rp53,74 triliun menjadi sebanyak 287 Reksa Dana Syariah dengan total NAB sebesar Rp71,11 triliun.

Baca Juga : Berhenti Mogok, Pedagang Daging Sapi Mulai Jualan Hari Ini

"Dari sisi Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal Syariah, jumlahnya juga mengalami peningkatan. Pada 26 November 2020, jumlah ASPM masih sama dengan per 30 Desember 2019, yakni sebanyak 114 pihak," ujar Luthfi.

Dalam virtual media gahtering tersebut, pihak OJK mengapresiasi peningkatan kinerja pasar modal Indonesia di tengah fluktuasi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Pertumbuhan pasar modal cukup menggembirakan, baik dari sisi nilai transaksi, pembukaan rekening SID, pencatatan perdana perusahaan di bursa.

Baca Juga : Diklat 3 in 1 Batik Tulis Diharapkan Buka Peluang Usaha Baru di Pariaman

OJK berupaya melakukan pengembangan Pasar Modal Syariah melalui beberapa strategi diantaranya penyusunan Roadmap Pasar Modal Syariah 2020-2024 yang dilaunching pada 10 Agustus 2020 yang bertepatan dengan perayaan HUT Pasar Modal ke-43 serta dengan penyusunan Modul Pasar Modal Syariah sebagai Materi Pembelajaran Perguruan Tinggi.

"Meskipun terdapat beberapa data yang menujukkan penurunan pertumbuhan Pasar Modal kita, namun ada fakta menarik yang justru membuat kita cukup terkesan dan merasa bangga, yaitu jumlah investor Pasar Modal yang terus mengalami peningkatan," kata Luthfi.

Baca Juga : Dua Nagari di Pessel Panen Durian, Hasil Produksi Capai Rp400 Juta

Bahkan per 19 November 2020, jumlah investor Pasar Modal sudah tercatat sebanyak 3,53 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 42% jika dibandingkan SID per 31 Desember 2019 sebesar 2,48 juta.

Menariknya lagi, peningkatan jumlah invetor di masa pandemi ini justru didominasi oleh investor domestik yang berumur di bawah 30 tahun (kaum milenial). Secara demografi berdasarkan umur, jumlah SID ritel per 19 November 2020 tercatat sebanyak 48,29%.

Meskipun kondisi Pasar Modal Indonesia saat ini mengalami tekanan dan belum rebound hingga posisi sebelum terjadinya pandemi, maka dengan adanya peningkatan jumlah investor secara signifikan tersebut justru membuktikan bahwa kepercayaan publik terhadap Pasar Modal Indonesia masih terus meningkat.

OJK, BEI, KSEI dan KPEI menggelar Media Gathering 2020 dalam rangka peringatan 43 tahun diaktifkan kembali Pasar Modal Indonesia.

Media Ghatering OJK, BEI Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) tersebut mengusung tema Meningkatkan Stabilitas Pasar Modal pada era New Normal. Diikuti oleh wartawan pasar modal dari seluruh Indonesia. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]