Transaksi Sabu, Dua Petani Pulau Mainan Diciduk Polisi di Dharmasraya


Rabu, 02 Desember 2020 - 10:51:14 WIB
Transaksi Sabu, Dua Petani Pulau Mainan Diciduk Polisi di Dharmasraya Barang bukti yang berhasil disita petugas Satresnarkoba Polres Dharmasraya saat menggagalkan transaksi narkoba di Jorong Sungai Makmur Kenagarian Pulau Mainan Kecamatan Koto Salak  Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Rabu (2/12) dinihari sekitar pukul 01.30 WIB.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Dua lelaki berprofesi sebagai petani ditangkap polisi ketika sedang melakukan transaksi narkotika golongan 1 jenis sabu di Jorong Sungai Makmur  Kenagarian Pulau Mainan Kecamatan Koto Salak  Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Rabu (02/12) dinihari sekitar pukul 01.30 WIB. 

Kapolres setempat, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah SIK MT, mengungkapkan berdasarkan LP/113/A/XII/2020/POLRES tanggal 2 Desember 2020 dua tersangka tersebut masing-masing berinisal JPS alias J (41), yang beralamat di Jorong Sungai Klukup Nagari Pulau Mainan Kecamatan Koto Salak dan JJ alias M (25) yang beralamat di Jorong Sungai Pauh Nagari Pulau Mainan Kecamatan Koto Salak, tertangkap tangan oleh petugas Satresnarkoba Polres Dharmasraya ketika sedang melakukan transaksi. 

Pada saat dilakukan penggeledahan di tempat kejadian perkara, jelasnya, petugas berhasil menemukan dan menyita barang bukti berupa dua buah plastik klip berisikan butiran kristal diduga narkotika jenis shabu-shabu yang disimpan oleh tersangka JPS alias J dalam dua wadah berbeda. 

Pada penangkapan tersebut, lanjutnya, petugas juga menyita barang bukti lainnya berupa dua unit telepon seluler milik kedua tersangka. 

Diungkapkan lebih jauh, peristiwa penangkapan itu berawal dari adanya informasi awal dari masyarakat nagari tersebut tentang adanya peredaran narkoba yang sudah meresahkan warga. 

"Berdasarkan informasi tersebut petugas Satresnarkoba Polres Dharmasraya segera melakukan penyelidikan dan berujung pada penangkapan terhadap tersangka dan berdasarkan hasil penyidikan sementara, tersangka JPS alias J ini diduga berperan sebagai penjual dan JJ alias M diduga berperan sebagai pembeli," Ulasnya.

Pada saat penangkapan dan penggeledahan, lanjutnya, turut disaksikan oleh dua orang warga setempat yakni Kepala Jorong Sungai Makmur, Suripto dan warga lainnya, Sarimin.

"Jika terbukti maka terhadap kedua tersangka dapat dikenakan Pasal 114 Jo 112 jo 132  Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009, tentang Narkotika dengan Ancaman Hukuman Penjara 4 sampai 12 Tahun Penjara, " Sebutnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya kembali mengimbau bagi masyarakat yang mengetahui atau memiliki informasi tentang adanya peredaran narkoba dilingkungan masing-masing, agar segera melaporkan ke petugas kepolisian. 

"Narkoba adalah musuh bersama yang harus kita perangi peredarannya karena dapat merusak generasi penerus bangsa," tutupnya. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]