10 Jenis Bencana Berpotensi Terjadi di Padang Pariaman, Begini Pesan Pjs Bupati Adib Alfikri


Rabu, 02 Desember 2020 - 13:22:05 WIB
10 Jenis Bencana Berpotensi Terjadi di Padang Pariaman, Begini Pesan Pjs Bupati Adib Alfikri Pjs Bupati Padang Pariaman Adib Alfikri SE MSi membuka rapat koordinasi teknis (Rakortek) persiapan uji dokumen Rencana Kontijensi (Renkon) Bencana Gempa Bumi dan Tsunami untuk wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pjs Bupati Padang Pariaman Adib Alfikri SE MSi membuka rapat koordinasi teknis (Rakortek) persiapan uji dokumen Rencana Kontijensi (Renkon) Bencana Gempa Bumi dan Tsunami untuk wilayah Kabupaten Padang Pariaman pada Rabu (2/12) di halaman Mesjid Raya Kabupaten Padang Pariaman.

Adib memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran BPBD dan seluruh stakeholder yang telah terlibat aktif dalam menanggulangi bencana di Kabupaten Padang Pariaman. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada BMKG Padang Panjang dan Sicincin yang telah bersedia hadir dan terus mendampingi dalam kegiatan kebencanaan ini.

“Dua belas prinsip kebencanaan yang selalu harus dipakai dalam kegiatan kebencanaan ini yakninya diantaranya cepat dan tepat ini merupakan pakaian yang harus selalu digunakan oleh seorang penggiat kebencanaan, selanjutnya prinsip prioritas yakninya harus mengetahui mana yang diprioritaskan dalam prosesnya, sudah tentu jika penyelamatan nyawa harus selalu didahulukan dibandingkan penyelamatan harta benda dan seterusnya berdasarkan skala prioritas,” ujarnya.

Ia juga berharap agar seluruh prinsip kebencanaan tersebut dapat dijalankan dengan baik sehingga dalam pelaksanaannya bencana yang terjadi dapat ditangani dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya ST MEng  dalam laporannya mengatakan Rakortek ini dilaksanakan dalam rangka untuk menjalin silaturahmi serta berkoordinasi dengan seluruh penggiat kebencanaan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. 

Seperti yang diketahui Padang Pariaman memiliki sepuluh ancaman kebencanaan. Dari 19 kabupaten kota di Provinsi Sumatra Barat, Kabupaten Padang Pariaman termasuk ke dalam etalase yang paling depan karena dari sepuluh jenis kebencanaan Padang Pariaman berpotensi terjadi kesepuluhnya.

“BNPB menjadikan Kabupaten Padang Pariaman sebagai lokasi khusus pada dua kegiatan yakninya lokus penanganan gempa dan tsunami yang kedua sebagai penyusun dokumen renkon, kegiatan penyusunan renkon ini diadakan selama tiga hari, diharapkan agar para peserta dapat mengikuti ini dengan baik," tutupnya. (*)

Reporter : Khairuddin | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]