Bikin Melongo! Harga Perawatan Pinangki Terungkap di Sidang, Seharga Mobil


Rabu, 02 Desember 2020 - 13:41:32 WIB
Bikin Melongo! Harga Perawatan Pinangki Terungkap di Sidang, Seharga Mobil Pinangki Sirna Malasari

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Jaksa penuntut umum mengungkap rincian perawatan kecantikan dan kesehatan Pinangki Sirna Malasari. Selama tiga bulan, jika ditotal, terdakwa perkara suap dari Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra itu merogoh kocek Rp 111 juta untuk perawatan kesehatan dan kecantikan.

Hal itu diungkapkan oleh dr Olivia Santoso, yang merupakan dokter kecantikan dan kesehatan keluarga Pinangki. dr Olivia kerap menangani keluhan Pinangki dan keluarganya serta kebutuhan perawatan kecantikan Pinangki.

"Rp 300 ribu per datang, kalau malam atau weekend Rp 500 ribu, (treatment) suntik alergen, suntik vitamin, suntik botok, kolagen itu untuk kerutan. Untuk kesehatan kulit misalnya bila ada yang tidak simetris," kata dr Olivia saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/2020).

Selain perawatan kecantikan, Pinangki menjalani perawatan kesehatan, seperti rapid test. Rapid test-nya didatangkan dari Korea Selatan seharga Rp 9 juta hingga Rp 19 juta.

"Saudara katakan rapid test Rp 9,5 juta itu strip berapa?" tanya jaksa.

"(Sebanyak) 25 strip, waktu itu masih awal pandemi, harga mahal, dan mintanya yang request merek Korea," jawab dr Olivia.

Olivia menyebut, untuk perawatan kesehatan seperti rapid test, Pinangki tidak sendiri. Seluruh keluarga besar dan pegawainya juga rapid test.

"Satu keluarga dan staf. Biasanya ibu (Pinangki) beli untuk satu keluarga di rumah Pakubuwono, Dharmawangsa, maupun Sentul, atau orang kejaksaan Ibu, staf-staf," ucap Olivia.

Jaksa lantas membacakan rincian treatment Pinangki dalam kurun waktu tiga bulan sejak April-Juni 2020. Jika ditotal, seluruhnya mencapai Rp 111.150.000.

Berikut rinciannya:

April
- 18 April Rp 8 juta
- 27 April Rp 9,5 juta
- 29 April Rp 9,5 juta

Mei
Khusus bulan Mei treatment botok wajah sampai leher Pinangki:
- 11 Mei Rp 19 juta
- 11 Mei Rp 8,7 juta
- 17 Mei Rp 6,7 juta
- 29 Mei Rp 15 juta

Juni
- 2 Juni Rp 11 juta
- 15 Juni Rp 9.750.000 untuk rapid test
- 6 Juli rapid test biosensor-42 Rp 14 juta

Untuk diketahui, dalam kasus ini, Pinangki didakwa menerima suap dari Djoko Tjandra serta tindak pidana pencucian uang. Dia disebut jaksa menguasai USD 450 ribu yang diduga berasal dari Djoko Tjandra. Jaksa menyatakan, pada 2019-2020, Pinangki menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul harta kekayaannya yang berasal dari kasus korupsi itu dengan cara menukarkan uang USD 337.600 di money changer atau senilai Rp 4,7 miliar.

Pinangki juga disebut jaksa menyamarkan asal-usul uang korupsi dengan membeli sejumlah kendaraan sekaligus melakukan operasi kecantikan. Salah satu kendaraan yang dibeli adalah BMW X-5, yang harganya Rp 1,7 miliar.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]