Kapal KM Sabuk Nusantara 37 Rute Mentawai-Padang Kandas di Karang


Rabu, 02 Desember 2020 - 16:07:12 WIB
Kapal KM Sabuk Nusantara 37 Rute Mentawai-Padang Kandas di Karang Tim SAR gabungan langsung bergerak mengevakuasi penumpang ke pelabuhan Tuapejat.

TUAPEJAT, HARIANHALUAN.COM - Kapal KM Sabuk Nusantara 37 dilaporkan tersangkut karang ketika hendak bertolak dari pelabuhan Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Rabu (02/12), sekira pukul 09:30 wib.

Kepala Kantor SAR Kelas B Mentawai Akmal kepada Haluan.com melalui whatsapp pribadinya mengatakan bahwa setelah mendapatkan informasi Tim SAR gabungan langsung bergerak mengevakuasi penumpang ke pelabuhan Tuapejat.

"Hari ini kembali terjadi insiden kecelakaan kapal, kali ini kapal penumpang KM Sabuk Nusantara 37, saat bertolak dari pelabuhan Tuapejat ke Padang, kapal tersangkut karang tidak jauh dari dermaga," paparnya.

Ia menyebutkan, kapal yang membawa 14 penumpang dan 20 awak kapal tersebut berencana berlayar menuju pelabuhan Painan Pesisir Selatan dan dilanjutkan ke Pelabuhan Teluk Bayur Padang.

"Alhamdulillah dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, semua penumpang berhasil kita evakuasi, kemudian 20 awak kapal tetap berada di atas kapal menunggu pasang air laut naik, sehingga kapal bisa bergerak lepas dari karang," paparnya.

Dalam operasi SAR tersebut tim gabungan yang terdiri dari Tim Rescue SAR Mentawai, TNI, Polri (Polair), BPBD, Pol PP dan masyarakat menggunakan Alut RIB 02 Mentawai, Kapal KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai.

Pihak terkait menyebutkan bahwa tim tetap memantau kapal tersebut sampai kapal tersebut benar-benar lepas dari karang.(*)

Reporter : Redi | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]