'Pandawa' BPJS Kesehatan Mudahkan Peserta Akses Layanan Tanpa Harus ke Kantor BPJS, Fadli: Saya Makin Semangat Bayar Iuran


Rabu, 02 Desember 2020 - 16:16:54 WIB
'Pandawa' BPJS Kesehatan Mudahkan Peserta Akses Layanan Tanpa Harus ke Kantor BPJS, Fadli: Saya Makin Semangat Bayar Iuran Fadli (29), salah seorang peserta JKN-KIS, warga kampung Baru Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung.

MUAROSIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM — Pandemi Corona Virus Desease (Covid 19) di seluruh wilayah Indonesia yang tak kunjung berakhir, membuat pelayanan publik menjadi salah satu tempat yang rawan penyebaran. Banyak masyarakat yang datang atau saling berdekatan menjadi potensi untuk penyebaran COVID-19. 

Untuk menekan pencegahan penyebaran Covid-19, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) meminimalisir pelayanan tatap muka. Salah satunya adalah Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa).

Dengan adanya aplikasi tersebut, peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat mengakses layanan administrasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Fadli (29), salah seorang peserta JKN-KIS, warga kampung Baru Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung yang telah menjadi peserta dari 2014 lalu mengaku dirinya dipermudah dengan adanya layanan PANDAWA. Hal ini dirasakannya saat melakukan beberapa update atau perubahan data kepesertaan. 

"Dulu ketika saya mendaftarkan diri saya sendiri harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan Muaro Sijunjung yang jaraknya lumayan jauh dengan tempat tinggal saya. Ditambah lagi antrean peserta yang lain saat berada di kantor BPJS. Sekarang cukup lewat WA dan aplikasi saja, saya bisa melakukan perubahan atau update data hanya dengan duduk di rumah atau saat berada di tempat kerja tanpa terganggu pekerjaan saya,” ujar Fadli, Rabu (2/12).

Lebih lanjut, Fadli menjelaskan kemudahan mengakses PANDAWA melalui smartphone. Hal tersebut tentunya tidak perlu memakan waktu yang lama.

“Jadi kita simpan saja dulu nomornya, kemudian nanti ada link untuk formulir jenis layanan apa yang akan kita gunakan. Setelah mengisi itu kita ikuti saja data-data apa yang harus kita kirimkan lewat WA. Jadi seperti chatting biasa. Saat mengisi formulir antrean pada PANDAWA terdapat beberapa pelayanan seperti melayani penambahan anggota keluarga, cetak kartu dan registrasi ulang, ubah fasilitas kesehatan dan perbaikan data peserta,” ujarnya.

Fadli juga mengcapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah mempermudah akses pelayanan administrasi. Dia juga berharap ke depan semakin banyak kemudahan layanan yang diberikan BPJS Kesehatan.

“Terima kasih BPJS Kesehatan yang telah memberikan kemudahan bagi peserta. Terutama untuk orang-orang yang kesulitan untuk akses ke kantor cabang ataupun yang memiliki waktu terbatas. Dengan adanya kemudahan-kemudahan yang diberikan inilah yang menjadikan peserta lebih semangat juga untuk membayar iuran dan pastinya dapat memberikan kelancaran kita dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Semoga terus bisa meningkat pelayanannya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Cabang pembantu BPJS Kesehatan Sijunjung Liza Erlina S.Farm APT, AAK mengatakan bahwa untuk PANDAWA saat ini sudah dijalankan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pembantu Sijunjung. “Ini merupakan salah satu cara kami untuk memberikan kepastian layanan dan kemudahan akses bagi peserta khususnya yang berdomisili di Kabupaten Sijunjung,” kata Liza.

Liza Erlina menjelaskan walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19, namun BPJS Kesehatan selalu memberikan layanan prima bagi peserta.

“Melalui aplikasi PANDAWA, petugas senantiasa siap memberikan respon dan membantu peserta untuk dapat memenuhi kebutuhannya akan layanan administrasi Program JKN-KIS. Sedangkan nomor HP khusus BPJS Kesehatan Cabang Solok melalui Cabang Pembantu Sijunjung yang dapat dihubungi untuk layanan PANDAWA yaitu 081275715882,” jelasnya.

Lebih lanjut Liza menerangkan, ketika peserta dapat menghubungi PANDAWA, petugas akan memberikan format dan panduan yang dapat diikuti peserta agar layanan dapat diberikan secara optimal. 

“Terdapat sepuluh jenis pelayanan administrasi yang dapat dilayani di PANDAWA, antara lain pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data identitas, perubahan data golongan dan gaji peserta, perubahan FKTP, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, serta pengaktifan kembali kartu. Dengan hadirnya PANDAWA, semoga peserta semakin mudah mendapatkan layanan BPJS Kesehatan tanpa harus bertatap muka langsung dengan petugas hanya dengan ponsel pintar,” tuturnya.

Layanan PANDAWA dapat dilakukan melaui chat Whatsapp pada jam pelayanan kantor yaitu dari Senin sampai dengan Jumat kecuali hari libur nasional. Segmentasi peserta yang dapat memanfaatkan layanan ini, antara lain Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dan Penerima Bantuan Iuran (PBI). (*)

Reporter : Ogi Sunandar | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]