Pandemi Covid-19 Ganggu Tatanan Kehidupan Kota, Ini Langkah Pemulihan yang akan Dilakukan Walikota Sawahlunto


Rabu, 02 Desember 2020 - 16:33:21 WIB
Pandemi Covid-19 Ganggu Tatanan Kehidupan Kota, Ini Langkah Pemulihan yang akan Dilakukan Walikota Sawahlunto Deri Asta

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Penghentian laju penyebaran Covid-19 dan pemulihan sektor ekonomi menjadi tantangan ke depan yang dihadapi Kota Sawahlunto ke depan.

"Akibat pandemi Covid-19, tatanan kehidupan di kota ini terganggu. Justru itu pemulihan sektor ekonomi, pendidikan, perdagangan dan pariwisata, akan dilakukan secara bertahap," ungkap Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, Rabu (2/12).

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.080 Kasus

Meski menghadapi pandemi dan keterbatasan, lanjut Deri Asta, Sawahlunto masih bisa melaksanakan berbagai program. "Di bidang ekonomi kita telah berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 2,39 persen jadi 2,17 persen. Keberhasilan ini menempatkan Sawahlunto kemiskinan terendah di Sumatra Barat," ujar Deri.

Di sektor pertanian, lanjutnya, masyarakat dibantu olah lahan untuk pertanian. Bantuan bibit padi gadang rumpun untuk 370 hektar lahan. Masyarakat juga dibantu 240 ekor kambing dan bantuan benih ikan.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 112 Orang

Di bidang pendidikan sebut Wali Kota, pemberian beasiswa siswa SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. "Semua ini untuk mendorong anak-anak kita di kota ini untuk giat belajar dan melanjutkan hingga ke perguruan tinggi," katanya.

Untuk itu, kata Deri Asta, langkah penerapan protokol kesehatan (Prokes) sangat penting untuk sama-sama didukung. Penerapan Prokes menjadi sangat penting dalam menghentikan penyebaran Covid-19.

Baca Juga : Pengurus HIPMI 3 Daerah Dilantik Serentak di Payakumbuh

"Tetaplah untuk terus menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Mudah-mudahan, dengan terhentinya penyebaran Covid-19, secara bersama-sama dapat fokus untuk bergerak melakukan pemulihan terhadap ekonomi," pungkasnya. (*)

Reporter : Fadilla Jusman | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]