Kota di Amerika ini Tak Akan Disinari Matahari Hingga Akhir Januari 2021


Kamis, 03 Desember 2020 - 15:58:43 WIB
Kota di Amerika ini Tak Akan Disinari Matahari Hingga Akhir Januari 2021

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kota Utqiagvik, Alaska, Amerika Serikat menjadi daerah yang diprediksi matahari tidak akan terbir dan bersinar di sana. Terdapat penjelasan singkat mengapa matahari tidak akan terbit di Utqiaġvik, Alaska, hingga akhir Januari 2021 mendatang. Masyarakat setempat akan melihat matahari untuk terakhir kalinya pada pertengahan bulan November.

Dilansir dari chanel YouTube The Shiny Peanut, Utqiagvik menjadi kota paling utara di Alaska dan berada di atas Lingkaran Arktik, menjadikan Utqiagvik berada di posisi 71,29 derajat lintang utara. Karena posisinya yang unik, kota itu mengalami sesuatu yang disebut Polar Night.

Saat polar night terjadi, tidak ada sedikit pun matahari yang terlihat di atas cakrawala. Peristiwa polar night hanya terjadi di dalam lingkaran kutub. Malam di Kutub Utara dapat berlangsung selama kira-kira 6 bulan, yang juga dikenal sebagai fenomena Autumnal Equinox to Vernal Equinox.

Di sana, siang hari pun terasa seperti malam karena tak ada sinar matahari yang terlihat. Koya Utqiagvik yang terletak 330 mil sebelah utara Lingkaran Arktik, matahari terbenam pada 18 November 2020 dan akan terbit kembali pada 23 Januari 2021. Itu artinya, kota tersebut akan melalui 67 hari tanpa cahaya matahari.

Kemudian matahari akan kembali terbit setelah presiden AS selesai dilantik. Walaupun begitu kota tersebut tak akan sepenuhnya gelap seperti malam hari, karena tetap akan ada cahaya yang cukup untuk melihat benda-benda yang ada di luar. Selain tidak akan melihat matahari selama lebih kurang dua bulan, penduduk Kota Utqiagvik juga akan melihat matahari tidak terbenam selama 80 hari di bulan Mei. (*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]