Mulyadi Sebut Pemerintahan Nagari Harus Diperkuat


Kamis, 03 Desember 2020 - 18:57:14 WIB
Mulyadi Sebut Pemerintahan Nagari Harus Diperkuat Mulyadi dan Ali Mukhni

HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) membantah pernyataan dari Indra Catri yang menyebut bahwa nagari sudah tidak kompatibel di zaman modernisasi saat ini. Hal itu disampaiakan Indra Catri dalam rangkaian pertanyaannya terkait memperkuat nilai Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

"Bagaimana cara memperkuat kehidupan ABS-SBK, kita tahu titik tumpu pada nagari, bagaimana membangun semangat bernagari? Sedangkan Pemerintahan nagari tidak kompatibel dalam tengah-tengah modernisasi," tanya Indra Catri pada debat pamungkas Pilgub Sumbar pada sesi tanya jawab, Kamis (3/11/2020).

Baca Juga : Pelantikan Pemuda Dewan Da’wah Solsel, Jimmi: Gencarkan Dakwah di Medsos, Berantas Hoaks

Menjawab pertanyaan dan pernyataan tersebut, Mulyadi membantah bahwa pemerintahan nagari tidak kompatibel dalam menghadapi modernisasi. Menurut dia, pemerintahan nagari sudah teruji dengan adanya peran dari Tungku Tigo Sajarangan. Kalaupun ada degradasi nilai dan peran, dia menyebut bahwa pemerintahan bukan berarti tidak kompatibel.

Hanya saja menurut dia, pemerintahlah yang harus kembali merivitalisi dari pemerintahan nagari jika memang ada nilai-nilai luhur Minangkabau yang luntur.

Baca Juga : Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II

Dia mengatakan, untuk mengembalikan hal itu, yang perlu salah satunya ialah infratruktur bagi menfungsikan peran tungku tigo sajarangan. Diantaranya yang telah menjadi komitmen Mulyadi-Ali Mukhni adalah menfasilitasi Balai Adat di nagari-nagari tempat berdiskusi.

Selain itu, upaya lain adalah mengembalikan pelajaran dari Budaya Alam Minangkabau ke kurikulum pendidikan. Mulyadi ingin anak-anak paham asal-usul dan budaya luhur Minangkabau.

Baca Juga : Hutama Karya Tegaskan Tidak Ada Penghentian Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Hanya...

"Bahkan kami mengusulkan Budaya Alam Minangkabau supaya mereka tahu asal-usul," ucap Mulyadi.

Memperkuat peran nagari dan Tingku Tigo Sajarangan menjadi prioritas utama Mulyadi-Ali Mulkni. Jika nilai yang tergerus, bukan berarti sistem pemerintahan nagari yang sudah tidak kompatibel, padahal itu sudah teruji ratusan tahun.

Baca Juga : Tiga Ruas Jalan Provinsi Jadi Prioritas, Ini Rinciannya

"Bagaimana kita harus menfungsikan Tigo Tungku Sajarangan, dan inilah tugas kita kedepan dan akan menjadi priotitas kami dan yang utama," tegas Mulyadi. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : rilis
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]