Anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi Tinjau Pelaksanaan Program KOTAKU di Nagari Padang Sibusuk Sijunjung


Kamis, 03 Desember 2020 - 20:05:17 WIB
Anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi Tinjau Pelaksanaan Program KOTAKU di Nagari Padang Sibusuk Sijunjung Anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi asal Dapil I Sumbar dari Fraksi PAN saat meninjau pelaksanaan program “KOTAKU” Kementerian PUPR di Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan, Kamis (3/12) bersama Wali nagari dan tokoh masyarakat setempat.

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi melakukan kunjungan sekaligus melihat progres pelaksanaan Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), Kamis (3/12) di Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung.  Dimana Nagari Padang Sibusuk merupakan satu dari tiga titik di Kabupaten Sijunjung yang mendapatkan Program KOTAKU dari kementerian PUPR melalui perjuangan Athari Gauthi Ardi selaku anggota DPR RI daerah pemilihan I (Dapil I) Sumatera Barat.

Athari Gauthi Ardi berhasil menarik dana pusat ke Kabupaten Sijunjung sebesar Rp 12 Miliar dari Kementrian PUPR dengan 3 titik Program KOTAKU, 9 titik Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dan 12 titik P3-TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) dimana Program tersebut menerapkan Infrastruktur  Berbasis Masyarakat (IBM) yang tersebar di wilayah Kabupaten Sijunjung.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.080 Kasus

"Alhamdulillah, untuk tahun 2020 ini kita bisa menarik dana pusat dari kementrian PUPR sekitar kurang lebih Rp 12 Milyar untuk Kabupaten SIjunjung, yang diimplementasikan dalam beberapa program padat karya, yakni program KOTAKU, PISEW dan P3-TGAI Tahun anggaran 2020, " ujar anggota anggota dewan pusat dari fraksi PAN tersebut.

Athari menjelaskan Program KOTAKU dalam pelaksanaannya menggunakan platform kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kota/kabupaten, masyarakat dan stakeholder lainnya, dengan memposisikan masyarakat dan pemerintah kota/kabupaten sebagai pelaku utama dan dinilai telah berjalan dengan baik serta nantinya bisa dirawat dengan maksimal.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 112 Orang

"Uang yang digunakan ini adalah uang pajak dari rakyat, jadi masyarakat harus bisa menjaga infrastruktur yang dibangun dari uang rakyat tersebut. Nah, inilah yang harus dipahami bersama agar rasa memiliki ada dihati setiap masyarakat. Dari masyarakat untuk masyarakat," katanya.

Menurutnya  pembangunan infrastruktur  membuka peluang bagi investor untuk masuk. Sebab, suatu daerah dengan infrastrukturnya yang bagus dan tertata dengan baik akan menimbulkan keinginan investor dan berinvestasi di daerah tersebut. “Memasuki fase baru ( New Normal ), pemerintah mulai melakukan  pemulihan dan  mempersiapkan pembangunan-pembangunan infrastruktur di daerah guna memperbaiki perekonomian masyarakat.

Baca Juga : Pengurus HIPMI 3 Daerah Dilantik Serentak di Payakumbuh

Pembangunan ini perlu disertai dengan peningkatan human capital-nya atau kualitas sumber daya manusianya. SDM ini diperlukan agar pembangunan infrastruktur ini tetap terpelihara sampai kedepannya,” terangnya.

Athari juga memberikan apresiasi kepada Kementrian PUPR, dalam tahun anggaran 2020 ini telah mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui program padat karya, sehingga bagi warga masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi ini bisa terbantu perekonomiannya.

Baca Juga : Amazing! Inilah 'The Power of Emak-emak' dari Pariaman yang Bikin Takjub

Sebelumnya, ada beberapa program  dibawa ke Kabupaten Sijunjung selain ketiga program dari Pusat tersebut yang diinisiasi oleh Athari Gauthi Ardi melalui Komisi V dengan mitra Kerja Kementrian PUPR, Kementrian Perhubungan dan kementrian Desa, diantaranya program bedah 100 rumah tidak layak yang tersebar di beberapa nagari di Kabupaten Sijunjung.

“Sebagai perwakilan Rakyat di DPR RI Dapil I Sumatera Barat,  Insha Allah kita siap selalu membantu program yang diajukan dan dibutuhkan oleh Masyarakat Kabupaten Sijunjung, demi terciptanya masyarakat Kabupaten Sijunjung yang maju dan sejahtera,” tegasnya. 

Sementara itu, Wali Nagari Padang Sibusuk Aprizaldi SP berharap dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, semoga bermanfaat buat warga dan nantinya bisa menjaga dengan baik. "Semoga pembangunan KOTAKU di Nagari Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan bisa membawa manfaat yang besar bagi warga sekitar. Harapan saya, program KOTAKU kedepannya kembali bisa hadir di Nagari Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan karena jika kita lihat manfaatnya cukup besar," harapnya. 

Wali Nagari Padang Sibusuk Juga menuturkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Athari Gauthi Ardi selaku anggota DPR-RI yang telah membantu pembangunan infrastrukutr di nagari Padang Sibusuk dengan Program KOTAKU serta mengapresiasi kepada semua pihak dan warga masyarakat Padang Sibusuk yang telah bekerja keras melaksanakan program tersebut dengan baik. Pihaknya berharap, ke depan Padang Sibusuk mendapatkan lagi program KOTAKU ini.

"Saya berharap hasil dari program pembangunan ini benar benar dirawat dengan baik, penuh rasa tanggung jawab demi kemaslahatan masyarakat.
Khususnya melalui kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP)," tukasnya. 

Acara diakhiri dengan melakukan peninjauan hasil dari program KOTAKU di Kenagarian Padang Sibusuk bersama Wali Nagari, Tokoh Masyarakat Tokoh Pemuda serta warga masyarakat sekitar. (*)

Reporter : Ogi Sunandar | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]