Gara-gara Kasus Covid-19 Harian 8 Ribu, Epidemiolog Sebut RI Perlu Lockdown


Jumat, 04 Desember 2020 - 07:33:14 WIB
Gara-gara Kasus Covid-19 Harian 8 Ribu, Epidemiolog Sebut RI Perlu Lockdown Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menilai bahwa kasus harian Covid-19 menembus angka 8 ribu lantaran tidak ada keseriusan melakukan manajemen penanganan pandemi.

"Konsekuensi yang dapat diperkirakan logis karena kita tidak menganggap serius manajemen pandemi," kata Dicky kepada Okezone, Jakarta, Jumat (4/12/2020).

Karena tidak ada keseriusan manajemen pandemi, Dicky menyebut bahwa, nantinya masyarakat akan terus melihat fenomena kasus pasien rawat inap dan kematian akan meningkat pada waktunya.

Menurut Dicky, persoalan virus corona dewasa ini sangat serius, karena penularan yang tidak terkontrol pada akhirnya akan membahayakan layanan kesehatan.

"Dan untuk menanganinya, kita hampir pasti akan perlu mengambil tindakan yang lebih kuat untuk mencegah hasil terburuk seperti opsi lockdown. Semakin lama kita mengabaikan, semakin sulit untuk dikendalikan," ujar Dicky.

Kasus positif Covid-19 di Tanah Air kembali bertambah. Tercatat hingga 3 Desember 2020, terdapat penambahan 8.369 kasus. Angka penambahan tersebut jadi rekor tertinggi sejauh ini.

Dengan penambahan itu, total kasus menjadi 557.877 orang. Jumlah ini merupakan hasil tracing melalui pemeriksaan sebanyak 62.397 spesimen yang dilakukan dengan metode real time polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM).

Selain itu, juga dilaporkan kasus yang sembuh dari Covid-19 pada hari ini tercatat bertambah 3.673 orang. Sehingga total sebanyak 462.553 orang sembuh. Sementara jumlah yang meninggal kembali bertambah 156 orang. Sehingga meninggal menjadi 17.355 orang.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]