23 Orang Anggota KPPS Positif Covid-19, KPU Sumbar: Kemungkinan akan Terus Bertambah


Jumat, 04 Desember 2020 - 14:18:43 WIB
23 Orang Anggota KPPS Positif Covid-19, KPU Sumbar: Kemungkinan akan Terus Bertambah Anggota Komisioner KPU Sumbar Izwaryani

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Terhitung sampai Kamis (3/12/2020) sore, sebanyak 4000 lebih anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dinyatakan reaktif setelah dilakukan rapid tes. Kemudian yang reaktif telah dilakukan tes Swab.

"Dari jumlah yang dinyatakan reaktif, ini masih terus bergerak hingga tanggal 5 Desember 2020 dan kemungkinan akan bertambah. Tapi kita berharap tidak penambahan lagi," sebut Komisioner KPU Sumbar Izwaryani, Jumat (4/12/2020).

Ditambahkannya, kemudian semua KPPS yang reaktif, sudah dilakukan Uji Swab dan terdapat 23 orang positif terpapar Covid-19 yang tersebar di Kabupaten dan Kota Sumatera Barat.

"Yang positif satu orang di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan tidak ada yang menumpuk, maka tidak kita lakukan penggantian. Karena sesuai aturan, jika dalam satu TPS terdapat dua yang positif tidak dilakukan penggantian, jika tiga keatas itu baru dilakukan penggantian," terangnya.

Dari 23 orang yang dinyatakan positif, kata dia, delapan orang di Kota Padang, dua orang di Kota Padang Panjang dan 13 di Solok Selatan yang sebelumnya 15 orang, namun telah dilakukan tes ulang dan terdapat dua orang yang sudah negatif.

"Bagi yang positif ini kita istirahatkan saja. Kalau memang sebelum hari pemungutan suara sudah negatif, maka lanjut bekerja, tapi jika masih positif maka tetap diistirahatkan dan kita larang untuk melakukan penggantian dari KPU RI," terangnya.

Dijelaskannya, anggota KKPS setelah dilakukan rapid tesnya keluar, maka langsung dilakukan tes swab. Hingga kini sekitar 600 orang yang hasil tes swabnya keluar. "Dari 600 orang lebih tersebut, 23 orang yang positif dan kita masih menunggu hasil tes swab hingga tanggal 5 besok," tutupnya. (*)
 

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]