Dinas Damkar Catat Peristiwa Kebakaran di Padang Alami Penurunan Dibanding Tahun Sebelumnya


Jumat, 04 Desember 2020 - 17:53:55 WIB
Dinas Damkar Catat Peristiwa Kebakaran di Padang Alami Penurunan Dibanding Tahun Sebelumnya Kabid Operasi dan Sarana dan Prasarana Damkar Kota Padang Basril.

PADANG, HARIANHALUAN.COM  -- Sepanjang tahun 2020 terhitung sejak Januari hingga sekarang kasus kebakaran di Kota Padang mengalami penurunan. Berdasarkan data, pada awal tahun 2020, jumlah kebakaran di Kota Padang 224 kasus. Sedangkan ditahun 2019, sebanyak 295 kasus kebakaran.

"Dari 224 kasus kebakaran, korban mengalami luka hingga ada yang meninggal dunia. Sementara untuk kerugian akibat dari peristiwa kebakaran kita mencatat sekitar Rp.43.466.000.000," ujar Kepala Bidang Operasi dan Sarana dan Prasarana Damkar Kota Padang Basril, Jumat (4/12/2020).

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.080 Kasus

Jika dirinci, kata dia, 14 kasus kebakaran toko, 8 kebakaran gedung, 2 kebakaran gedung pendidikan, 2 kebakaran kos-kosan, 8 kebakaran gudang, 13 kebakaran sepeda motor, 31 kebakaran hutan, 11 Kebakaran kabel listrik, 16 kebakaran travo listrik, 2 kebakaran kompor gas, 2 kebakaran kulkas dan ginset, dan 3 kebakaran gerobak PKL.

"Sebanyak 145 kasus disebabkan oleh korsleting dan 23 kasus lainnya karena kompor gas. Dari data bisa dilihat penyebab kebakaran didominasi karena korsleting," terangnya lagi.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 112 Orang

Selain peristiwa kebakaran, Damkar Kota Padang juga melakukan penanganan 198 kasus pembasmian sarang tawon, pengamanan ular dan pencarian orang hilang sekitar 198 kasus serta 6 kasus lainnya.

Kemudian untuk meminimalisir pencegahaan dini agar kebakaran tidak membesar, pihak Damkar Kota Padang juga telah melakukan pelatihan kepada masyarakat berupa upaya dengan menggunakan media yang bisa digunakan untuk memadamkan api.

Baca Juga : Pengurus HIPMI 3 Daerah Dilantik Serentak di Payakumbuh

"Jika terjadi kebakaran, warga bisa mencegah penyebaran api seperti handuk handuk bawah, ember dan media lainnya yang bisa dilakukan untuk pencegahan dini," tutupnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]