Ar- Rahman Menjawab Pertanyaan Masyarakat Kabupaten Solsel


Sabtu, 05 Desember 2020 - 08:58:11 WIB
Ar- Rahman Menjawab Pertanyaan Masyarakat Kabupaten Solsel Ar-Rahman

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menjadi sosok pemimpin yang baik dan bisa mencarikan solusi yang baik untuk masyarakat tentu impian banyak pihak. Tak terkecuali bagi Ar-Rahman yang merupakan calon Bupati Solok Selatan. Banyak masyarakat yang memberikan pertanyaan seputar 'jika terpilih nanti, apakah akan tetap ingat dengan masyarakat kecil?' 

Ar-Rahman melalui Facebook Sahabat Ar-Rahman memberikan jawaban ketika ditanya solusi apa yang akan ia berikan terhadap pedagang kecil di sana. "Pedagang kecil di Kabupaten Solok Selatan memang masih terdapat berbagai hambatan. Terutama karena daerah kita ini merupakan daerah yang belum ramai dikunjungi, sehingga roda ekonomi masih berputar dari kita dan untuk kita saja," katanya.

Ia melanjutkan, karena terhambatnya roda ekonomi membuat keuntungan yang didapat masih kecil. Oleh sebab itu, pemerintah kabupaten harus memajukan pariwisata setempat. Ar Rahman menerangkan alasan kenapa dirinya sangat berambisi untuk memajukan pariwisata di sana supaya banyak orang dari luar daerah mengunjungi Solok Selatan.

"Jika ramai berkunjung maka ekonomi akan bangkit. Selain itu sektor pertanian juga menjadi hal penting yang perlu dicarikan solusinya. Contohnya kalau sawah bagian irigasi karena masih banyak areal persawahan masyarakatnyang belum dapat irigasi teknis. Kemudian, benih atau bibit, pupuk, serta bagaimana cara pengolahan sawah yang baik juga perlu dilakukan," terangnya.

Selanjutnya, bagi pengusaha UMKM juga menjadi sektor perhatian khusus bagi Ar Rahman. Sebab, ia melihat sejauh ini belum ada perkembangan yang berarti dari sektor tersebut. Kendala utama di sektor UMKM ini adalah permodalan, sehingga Ar Rahman akan mencarikan jalan seperti menghubungkan ke bank atau sumber modal lainnya.

"Lalu juga ada pertanyaan mengenai pengangguran. Karena menurut saya pengangguran adalah persoalan umum. Sehingga kedepannya ini yang akan kita tampung di sektor UMKM. Jadi kami punya program yang namanya AMPUH (Anak Muda Punya Usaha). Jadi di sana kami memotiviasi anak muda untuk berwirausaha," ungkapnya.

Bagian sektor pendidikan, menurut Ar Rahman selama ini beasiswa diberikan kepada pelajar meskipun pada kenyataannya kuotanya sangat terbatas. Kedepannya menjadi salah satu tanggungjawab seperti mengelola CSR dari perusahaan-perusahaan yang ada di Solsel secara transparan sehingga beasiswa dapat diambil dari sana.

"Ini akan difasilitasi oleh pemerintah daerah secara transparan," ujarnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]