15 Dapur Berkah Gelora Siapkan Makanan untuk Korban Banjir Medan


Sabtu, 05 Desember 2020 - 13:33:13 WIB
15 Dapur Berkah Gelora Siapkan Makanan untuk Korban Banjir Medan Dok Humas DPN

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Kota Medan. Akibatnya, ribuan rumah telah merendam sejak Jumat (4/11/2020) dini hari dan total ada lima orang yang tewas akibat peristiwa tersebut hingga kini. Kondisi tersebut membuat Partai Gelora Indonesia bergerak cepat.

Partai yang baru berumur satu 1 tahun ini kemudian mendirikan 15 Dapur Berkah Gelora untuk menyiapkan makanan bagi korban banjir.

Baca Juga : Gawat! Pasutri di Bukittinggi Berkolaborasi Perkosa Wanita 26 Tahun

Ketua DPD Partai Gelora Kota Medan, Muhammad Nasir, banjir bandang tersebut sangat mengagetkan warga yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Deli, seperti di Kecamatan Medan Maimun.

“Atas musibah tersebut, kami menginisiasi untuk membangun Dapur Berkah Gelora yang dibuat atas kepedulian Partai Gelora Indonesia kepada masyarakat yang terkena banjir,” kata Nasir dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, kemarin.

Baca Juga : Banjir dan Longsor di Manado, 3 Warga Dilaporkan Meninggal

Muhammad Nasir menjelaskan, pasca banjir tersebut terjadi, DPD Partai Gelora Kota Medan dan jajaran dikerahkan untuk mendirikan 15 Dapur Berkah Gelora di sejumlah kecamatan yang terdampak banjir. Dapur umum tersebut akan beroperasi 24 jam untuk membantu korban banjir.

“Ada sekitar belasan dapur umum yang kami bangun. Inilah sebagai kontribusi Partai Gelora Indonesia kepada para korban banjir. Kita hadir bersama yang lain untuk saling membantu,” bebernya.

Baca Juga : Ngeri! Pria Ini Lakukan Aksi Bakar Diri

Kehadiran Dapur Berkah Gelora ini mendapat sambutan positif dari masyarakat yang tinggal di Jalan Brigjen Katamso Pasar Senen dan Gang Asli Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun.

“Alhamdulillah antusias masyarakat sangat positif. Untuk itu kami meminta warga untuk tetap waspada untuk mengantisipasi banjir susulan. Karena kita tahu sekarang ini sudah masuk musim hujan,” bebernya.

Baca Juga : Sudah 49 Korban Sriwijaya Air SJ 182 Teridentifikasi Oleh Tim DVI

Selain itu, Muhammad Nasir berharap kepada pemerintah Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara untuk berkolaborasi membantu warga, terutama untuk mendirikan posko kesehatan.

“Kami harap pemerintah kota dan provinsi menyiapkan pos kesehatan cepat untuk mengantisipasi penyakit yang muncul setelah banjir. Kami dari Partai Gelora juga akan tetap mendampingi dan terus menyalurkan bantuan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, banjir besar melanda Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Belawan mulai dari hulu (Deli Tua) sampai hilir dan juga ke Kota Binjai. Banjir dimulai Jumat (4/12/2020) pukul 00.00 WIB. Kondisi terparah terjadi di perumahan Oma D’ Flamboyan dengan ketinggian antara 4-6 meter. Saat ini masih terus dilakukan evakuasi terhadap 145 KK .

Beberapa rumah tenggelam dan beberapa kendaraan terlihat hanyut, sementara diperikiran 10 orang hilang terseret air bah. PMI telah mengerahkan 8 unit perahu dan 2 mobil ambulance, sementara BPBD menyiapkan 5 mobil evakuasi.

Tim evakuasi berasal dari Arhanud, BPBD Provsu, Basarnas, PMI, kecamatan dan masyarakat. Mereka melakukan mengevakuasi sejak 00.30 WIB hingga sekarang. Evakuasi sementara pengungsi ditempatkan di Arhanud, Balai Desa Tj Selamat.

Sedangkan tim lain melakukan evakuasi di Desa Sejarah Baru, Kecamatan Deli Tua dengan 400 KK.

Untuk Kota Binjai lokasi banjir di Kelurahan Bergam diperkirakan ada 400 KK yang terdampak. Tim evakuasi sedang bekerja deengan titik lokasi evakuasi sekitar Masjid Baiturrahman. (*)

Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]