Charta Politika: Elektabilitas Pasangan SR Labuan Jauh Lampaui Pasangan Panji-Yos


Sabtu, 05 Desember 2020 - 13:50:09 WIB
Charta Politika: Elektabilitas Pasangan SR Labuan Jauh Lampaui Pasangan Panji-Yos Lampiran Dokumen Hasil Penelitian Lembaga Survei Charta Politika pada Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Dharmasraya.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Dari hasil penelitian yang dilakukan salah satu Lembaga Survei terkemuka di Indonesia, Charta Politika, terungkap bahwa tingkat keterpilihan atau elektabilitas pasangan calon Sutan Riska Tuanku Kerajaan - Dasril Panin Datuk Labuan (SR Labuan), jauh meninggalkan pasangan calon penantang Panji Mursyidan - Yosrisal pada gelaran Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Berdasarkan rilis survei yang diterima pada Sabtu (5/12), dari hasil penelitian itu pada pertanyaan elektabilitas pasangan terungkap pasangan Sutan Riska Tuanku Kerajaan – Dasril Panin Datuk Labuan berada pada posisi 57,6 persen atau unggul cukup jauh di atas Panji Mursyidan – Yosrizal yang berada pada posisi 18,7 persen.

Baca Juga : Tak Ada Gugatan Hasil Pilkada, KPU Tetapkan Zul Elfian Sebagai Walikota Solok

Sementara itu masih terdapat responden yang menyatakan Tidak Tahu atau Belum Menentukan Pilihan sebesar 23,7 persen. Charta Politika juga menemukan beberapa temuan menarik, antara lain pada sisi pengenalan nama-nama kandidat calon kepala daerah, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memiliki tingkat pengenalan tertinggi, sudah berada di atas 90 persen. Diikuti berikutnya oleh Dasril Panin Datuk Labuan, Yosrizal dan Panji Mursyidan yang memiliki tingkat pengenalan relatif berimbang, masing-masing masih berada di bawah 50 persen.

Kondisi tersebut, dipengaruhi oleh tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Dharmasraya dibawah kepemimpinan Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada periode pertamanya menjabat sebagai Bupati Dharmasraya, tergolong baik dan hampir mencapai 80 persen Sementara tingkat ketidakpuasan terhadap kinerjanya berada pada angka 15,2 persen saja.

Baca Juga : Sujud Syukur Usai Penetapan oleh KPU Pasbar, Ini Janji Paslon Pemenang Pilkada Pasbar 2020

Kemudian secara perorangan, Sutan Riska Tuanku Kerajaan sebagai Calon Bupati dan Dasril Panin Datuk Labuan sebagai Calon Wakil Bupati mendapatkan elektabilitas cukup jauh di atas Panji Mursyidan maupun Yosrizal.

Fakta menarik lainnya yang juga diungkapkan oleh lembaga tersebut, adalah terkait tingkat kehati-hatian masyarakat dalam menentukan pilihannya pada Pilkada 09 Desember 2020, juga sudah merata di Kabupaten Dharmasraya.

Baca Juga : KPU Pasbar Tetapkan Hamsuardi dan Risnawanto Pemenang Pilkada 2020

Sementara untuk tingkat antusiasme kehadiran masyarakat mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya di daerah itu, terpantau juga cukup tinggi yakni mencapai besaran 71,8 persen.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, telah menetapkan sebanyak dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya sebagai peserta Pilkada Serentak 2020.

Baca Juga : Siap-siap! 35 Sengketa Pilkada Mulai Disidangkan di MK pada 26 Januari

Dua pasangan calon tersebut masing-masing yakni pasangan dengan nomor urut 01 atas nama Panji Mursydan-Yosrizal yang diusung oleh gabungan partai politik Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN),  Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Selanjutnya pasangan calon dengan nomor 02 atas nama Sutan Riska Tuanku Kerajaan-Dasril Panin Dt Labuan yang diusung oleh gabungan partai politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura.

Selain itu, KPU setempat juga sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 145.383 dengan rincian pemilih berjenis kelamin laki-laki sebanyak 72.743 pemilih dan perempuan sebanyak 72.640 pemilih yang tersebar di 530 TPS di 11 kecamatan dan 52 Nagar. (*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]