Kuasa Hukum Mulyadi Sebut Penetapan Kliennya Sebagai Tersangka Seperti Dipaksakan


Sabtu, 05 Desember 2020 - 16:51:19 WIB
Kuasa Hukum Mulyadi Sebut Penetapan Kliennya Sebagai Tersangka Seperti Dipaksakan Kuasa Hukum Mulyadi, Hengki Mustaf Sabarta akrab dipanggil Hengki Matondang

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kuasa Hukum Mulyadi, Hengki Mustaf Sabarta akrab dipanggil Hengki Matondang mengklaim penetapan status tersangka kepada kliennya seperti dipaksakan. Alasannya, secara substansi pengertian kampanye di luar jadwal seperti yang dilaporkan itu tidak terpenuhi.

"Kemudian ada target seolah-olah ini dikondisikan, karena penetapan status tersangka sebelum hari pemilihan pemilihan tanggal 9 Desember 2020," sebutnya kepada wartawan di Padang, Sabtu (5/12/2020).

Menurutnya, ini adalah salah satu bagian dari kampanye hitam atau negatif yang dihadapkan kepada kliennya. Kemudian pihaknya juga menilai bahwa tindakan tersebut adalah bagian dari konspirasi menzalimi Mulyadi.

"Secara substansinya, dari Komisi Penyiaran sudah mengeluarkan hasil juga bahwa ini bukan merupakan kampanye hitam atau kampanye di luar jadwal. Kemudian kami melihat bahwa ini adalah bagian dari konspirasi untuk menzalimi Pak Mulyadi," terangnya.

Jika menunjuk kepada undang-undang Pilkada itu sendiri, kata dia, jelas terlihat disitu difasilitasi oleh KPU, diadakan oleh KPU dan dibiayai oleh KPU. Kemudian definisi kampanye itu yang mana yang memenuhi unsur itu pelanggaran kampanye.

"Lagian pak Mulyadi hadir di tvOne itu kan diundang. Apakah waktunya dan masuknya itu kan harusnya ditujukan kepada tvOne. Jadi kita menilai ini ada kampanye hitam untuk menzolimi pak Mulyadi," tegasnya.

Diakuinya, dari awal berdasarkan hasil dari pertengahan Agustus lalu, poling Mulyadi terus berada  di atas. Jadi ada upaya untuk menggiring opini masyarakat dengan penetapan tersangka sebelum tanggal 9 Desember dan yang dituju memang kampanye hitamnya.

Kemudian pada pemberitaan sebelumnya, mantan Anggota Dewan DPR RI itu ditetapkan tersangka berdasarkan Surat Keputusan Dirtipidum Bareskrim Polri Nomor: S.Tab/81/XII/2020/Dit Tipidum tanggal 4 Desember 2020. (*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]