Mulyadi Tersangka, KPU Sumbar: Pencalonannya di Pilkada Berlanjut dan Proses Pemilihan Tetap Jalan


Sabtu, 05 Desember 2020 - 18:14:14 WIB
Mulyadi Tersangka, KPU Sumbar: Pencalonannya di Pilkada Berlanjut dan Proses Pemilihan Tetap Jalan Yanuk Sri Mulyani

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Walau Mulyadi telah ditetapkan sebagai tersangka, tidak akan mengganggu proses pencalonannya di kontestasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat tahun 2020.

Hal itu diungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Yanuk Sri Mulyani, bahwasanya proses pencalonannya (Mulyadi) tetap berlanjut hingga proses pencoblosan pada 9 Desember nantinya.

"Hingga kini, kami belum menerima surat penetapan. Namun sejauh ini juga belum ada efek setelah ditetapkannya tersangka. Namun itu ada prosesnya hingga ke pengadilan dan kita masih menunggu hasilnya," jelas Yanuk, Sabtu (5/12/2020).

Ditambahkannya, pihak KPU tidak akan ikut campur terkait hukum yang menjerat Mulyadi ditetapakan sebagai tersangka. "Jika dalam keputusan inkrah memang disebutkan pembatalan pencalonan terhadapnya," tutupnya.

Sementara itu, Mulyadi sendiri ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan surat keputusan Nomor: S.Tab/81/XII/2020/Dit Tipidum tanggal 4 Desember 2020, Calon Gubernur Sumatera Barat, Ir Mulyadi resmi ditetapkan sebagai tersangka.

"Setelah dilakukan gelar perkara dan berdasarakan surat keputusan bahwa status naik menjadi tersangka," ujar Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono saat dihubungi wartawan di Padang.

Penetapan tersangka terhadap Mulyadi merupakan buntut dari pelaporan terkait dugaan pelanggaran ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang ada di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan nomor laporan: 14/LP/ PG/RI/00.00/XI/2020.

Kemudian dalam laporan ditemukan ada unsur tindak pidana, selanjutnya laporan tersebut diarahkan oleh Bawaslu untuk ke Bareskrim Polri.

Mulyadi-Ali Mukhni diduga melakukan kampanye Pilkada 2020 melalui media televisi lebih awal. Padahal, berdasarkan aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), kampanye baru diperbolehkan mulai pada 22 November-5 Desember 2020.(*)
 

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]