Mencanting Batik Bisa Menjadi Atraksi Wisata untuk Menarik Wisatawan ke Pessel


Sabtu, 05 Desember 2020 - 20:26:50 WIB
Mencanting Batik Bisa Menjadi Atraksi Wisata untuk Menarik Wisatawan ke Pessel Mencanting batik, sebuah atraksi wisata yang bisa dihidangan (life experience) kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pesisir Selatan.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Mencanting batik, sebuah atraksi wisata yang bisa dihidangan (life experience) kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pesisir Selatan, karena ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Destinasi dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Doni Hendra pada kegiatan rakor Dinas Pariwisata di PCC Rabu-Kamis (3-4/12).

Menurutnya atraksi wisata seperti mencating batik memang tidak mudah tapi sangat menarik bagi wisatawan jika ini disuguhi. "Dalam mengembangkan pariwisata harus ada kreativitas dan inovasi . Supaya objek pariwisata dapat terus berkembang, kreativitas dan inovasi khususnya dari para pemangku kepentingan di bidang pariwisata," katanya.

Menyampaikan, kreativitas dan inovasi sangat penting dilakukan. Jangan sampai wisatawan menjadi bosan dan akhirnya enggan berkunjung lagi,jika objek dan fasilitas pariwisata yang ada hanya itu-itu saja. Terlebih kondisil saat ini berada di tengah ketatnya kompetisi dengan destinasi wisata lainnya," ucapnya.

Dicontohkan tentang atraksi mencating batik, wisatawan bisa langsung melakukan atraksi tersebut, karena tertarik diajak teman yang berwisata dan yang kedua kalinya dia datang untuk mengajak teman yang lainnya.

"Oleh karena itu, perlu terus dikembangkan hal-hal lain sebagai alternatif pilihan yang dapat menarik wisatawan,jika sudah demikian, lanjutnya, kepariwisataan dapat menjadi tuan rumah di negerinya sendiri," ujarnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan Hadi Susilo mengungkapkan pembenahan dan inovasi pembangunan objek wisata tersebut harus terlihat nyata. Upaya itu diharapkan semakin meningkatkan animo wisatawan berkunjung ke objek wisata di Pessel. 

"Kita ingin menciptakan suasana wisata yang paling indah, aman dan nyaman. Bagaimana pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan aman dan nyaman. Itu merupakan kunci agar objek wisata selalu dikunjungi sehingga memberikan kontribusi bagi perekonomian masyarakat serta pemasukan bagi daerah", jelasnya.

Dinas terkait harus bekerja lebih ekstra mengelola dunia pariwisata ke depan. Namun tetap melakukan koordinasi dengan instansi lainnya yang juga ikut andil dalam pengembangan dunia pariwisata.(*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]