Pendekatan  Grass Root, Strategi Kominfo Penuhi Target Partisipasi Pemilih


Ahad, 06 Desember 2020 - 08:59:42 WIB
Pendekatan  Grass Root, Strategi Kominfo Penuhi Target Partisipasi Pemilih Pendekatan  Grass Root, Strategi Kominfo Penuhi Target Partisipasi Pemilih

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan mitra strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam mengedukasi warga terkait Pemilihan Serentak 2020 yang dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Kelompok ini memiliki banyak varian cara untuk mendekati masyarakat agar informasi tentang Pemilihan tersampaikan dengan baik. 

Salah satunya adalah memanfaatkan Karang Taruna dan PKK di desa atau kelurahan. Ada juga KIM di berbagai daerah di Indonesia yang memanfaatkan forum kumpul warga seperti rembug, poskamling, pengajian, dan lain-lain untuk mengajak warga berpartisipasi dalam Pemilihan tanggal 9 Desember 2020.

Baca Juga : Misteri Rumah Gadang di Bendang, Bunyi Tongkat Menghentak sampai Piring Pecah

Ketua Forum KIM Jawa Timur Nanang Rois menilai pendekatan berbasis grassroot (akar rumput) ini dianggap efektif karena memang pada dasarnya komposisi keanggotaan KIM memang terdiri dari dua komunitas masyarakat level bawah tersebut.

“KIM adanya di tingkat desa dan kelurahan. Bagaimana agar efektif dan strategis menyosialisasikan Pemilihan yaitu memanfaatkan kegiatan-kegiatan yang digalang oleh Karang Taruna, PKK, Posyandu dan lain-lain.

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

Menurut Nanang, KIM bertugas menyampaikan informasi yang bersifat nasional kepada komunitas lokal. Oleh karenanya KIM dituntut harus kreatif serta menyesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. KIM di wilayah Jawa Timur misalnya, melakukan penetrasi masuk ke komunitas Ibu-Ibu PKK. Meskipun tidak bisa berkumpul secara tatap muka lantaran masih di masa pandemi, komunitas ini tetap aktif bersosialisasi melalui Whatsapp Group.

 “Dari situ jalurnya kita ngobrol langsung dengan masyarakat, masuk ke WA Group komunitas warga jadi langsung bisa jadi perbincangan meskipun melalui media sosial,” jelasnya.

Baca Juga : Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

Sementara, Koordinator IK Hankam Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Dikdik Sadaka mengapresiasi langkah-langkah kreatif KIM dalam membantu Kominfo menyosialisasikan Pemilihan Serentak 2020. Menurut Dikdik, peran KIM sangat strategi karena bersentuhan langsung dengan komunitas masyarakat terkecil di level desa dan kelurahan.

“Muaranya hanya satu, kami ingin membantu KPU mencapai target partisipasi pemilih 77,5 persen di tanggal 9 Desember 2020 nanti,” ujar Dikdik. (*)
 

Baca Juga : Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

Editor : Heldi Satria | Sumber : rilis
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 10:52:56 WIB

    Misteri Rumah Gadang di Bendang, Bunyi Tongkat Menghentak sampai Piring Pecah

    Misteri Rumah Gadang di Bendang, Bunyi Tongkat Menghentak sampai  Piring Pecah Misteri rumah gadang (rumah adat Minangkabau) di Bendang, Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Solsel) yang selesai pembangunannya dalam satu malam. Kisah ini menjadi cerita turun-temurun oleh masyarakat.
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 13:33:23 WIB

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab Masyarakat adat di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut momen-momen tertentu, salah satunya saat memasuki bulan Rajab..
  • Ahad, 14 Februari 2021 - 16:34:31 WIB

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah Saat ini ada berbagai lembaga di seluruh dunia yang sedang mengupayakan penyelamatan terhadap hewan-hewan langka yang terancam punah. Meski begitu, daftar hewan langka mungkin tak akan habis, karena jumlahnya terus bertambah..
  • Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai.
  • Senin, 01 Februari 2021 - 22:36:28 WIB

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi Pandemi COVID-19 membawa dampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Sebagian besar sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online dari rumah..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]