Seekor Harimau di Kabupaten Solok Dilaporkan Masuk Perangkap


Ahad, 06 Desember 2020 - 12:17:44 WIB
Seekor Harimau di Kabupaten Solok Dilaporkan Masuk Perangkap Ilustrasi

SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Setelah dilakukan upaya penangkapan terhadap harimau sumatera yang berkeliaran di Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar) masuk perangkap Badan Konservasi Sumber Daya Alam.

Diinformasikan, pihak BKSDA tengah melakukan pembiusan terhadap harimau tersebut. Sementara sebelumnya dilaporkan bahwa harimau berjumlah 2-3 ekor. Satu ekor telah masuk perangkap.

Baca Juga : Penyekatan Mudik, Kapolda Sumbar: Belum Ada yang Nekat Menerobos

"Sekarang lagi proses pembiusan. Tidak boleh ada suara, nanti aja ya," singkat Kepala Seksi Wilayah III Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Novtiwarman saat dihubungi wartawan, Minggu, (6/12/2020).

Diberitakan sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Wawan Sukawan menyebutkan petugas di lapangan masih terus mencari keberadaan harimau yang sempat menampakkan diri Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Positif: 300, Sembuh: 302, dan Meninggal Dunia 3 Orang

"Hingga kini, petugas masih berada di lokasi untuk melakukan penanganan untuk mengupayakan penangkapan harimau tersebut," ujar Wawan.

Ditambahkannya, penanganan itu berupa pembuatan perangkat hingga menggunakan obat bius. Kemudian pihaknya juga terus melakukan upaya agar hewan liar dengan nama Phantera Tigris Sumatrae bisa dievakuasi serta bisa kembali ke habitatnya.

"Berdasarkan informasi yang kita dapat, harimau yang masih berkeliaran itu berjumlah 2 sampai 3 ekor. Selain petugas BKSDA, juga dibantu oleh mitra kita seperti Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya, Tim Kesehatan Hewan Provinsi, dan TMSBK Bukittinggi," terangnya lagi.(*)
 

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]