Pede Umumkan Kemenangan! Eka Putra-Richi Aprian Klaim Unggul di 8 Kecamatan di Pilkada Tanah Datar


Kamis, 10 Desember 2020 - 01:55:58 WIB
Pede Umumkan Kemenangan! Eka Putra-Richi Aprian Klaim  Unggul di 8 Kecamatan di Pilkada Tanah Datar Paslon Eka Putra-Richi Aprian (Era Baru) deklarasikan kemenangan. (Feri)

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM-Tim  pasangan calon bupati dan wakil bupati Eka Putra - Richi Aprian (Era Baru) menyebut mereka  unggul dari tiga pasang calon lainnya, berdasarkan hasil penghitungan sementara perolehan suara pilkada Tanah Datar hingga pukul 24.00 WIB.

Perolehan suara nomor urut tiga itu cukup signifikan dan unggul di delapan kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Tanah Datar. Diantara kecamatan yang dimenangi Era Baru yaitu Lintau Buo, Lintau Buo Utara, Padang Ganting, Tanjung Emas, Sungayang, Sungai Traan, Rambatan dan Salimpauang.

Baca Juga : Tindak Pidana Pilkada, Kadis PMD dan Lima Kades Masuk Penjara

Sementara enam kecamatan lainnya dimenangkan oleh Zuldafri -Sultani yaitu Lima Kaum, Pariangan, Tanjung Baru dan Batipuh Selatan, Betti Sadiq - Edityawarman nomor urut 4 unggul di dua kecamatan, keduanya di basis pemilihan Edityawarman yaitu Kecamatan Batipuh dan X Koto, Betti Sadiq kalah di basisnya dan dimenangkan oleh Eka - Richi. 
Sedangkan pasangan John Enardi - Syafruddin nomor urut dua, tidak satupun unggul di 14 kecamatan tersebut.

Rincian perolehan suara pasangan calon yaitu, calon nomor urut 1 meraih 41.904 suara, nomor urut 2 sebanyak  8.602 suara, nomor urut 3 yang keluar sebagai pemenang menurut hasil sementara yaitu Era Baru berhasil meraup 65.300 suara dan nomor urut 4 memperoleh 37.969 suara.

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

Namunn partisipasi pemilih pada pilkada 2020 ini hanya sebesar 53 persen pemilih dari 260 ribu lebih pemilih di  Tanah Datar.

Seperti diketahui, pada berita sebelumnya, pasangan calon kepala daerah Eka - Richi langsung mendeklarasikan kemenangannya sebagai bupati dan wakil bupati terpilih di Malana, Batusangkar, Rabu (9/12/2020) sekitar pukul 21.00 WIB, saat deklarasi kemenangan itu, para calon bupati dan wakil bupati terpilih didampingi para istri.  (*)

Baca Juga : Pelantikan Kepala Daerah, Segeralah Tunaikan Janji-janji Politik!

Reporter : Feri | Editor : Dodi
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]