5 Negara Ini Gratiskan Vaksin COVID-19 untuk Warganya, Indonesia Bagaimana?


Senin, 14 Desember 2020 - 08:18:21 WIB
5 Negara Ini Gratiskan Vaksin COVID-19 untuk Warganya, Indonesia Bagaimana? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Vaksin COVID-19 menjadi salah satu cara yang disebut efektif mengakhiri pandemi Corona yang saat ini telah menginfeksi lebih dari 70 juta orang di seluruh dunia.

Seperti yang diketahui, ada beberapa kandidat vaksin Corona yang terbukti efektif mencegah penularan. Dengan terbitnya hasil akhir dari uji klinis fase 3 dari vaksin COVID-19, banyak negara berbondong-bondong memesan untuk disuntikan kepada warganya.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 Bisa Bikin Ukuran Mr P Membesar? Cek Faktanya

Sederet negara dilaporkan akan menggratiskan vaksin COVID-19 untuk seluruh warganya. Bagaimana di Indonesia?

Pemerintah Indonesia membuat dua skema pemberian vaksin COVID-19 yakni vaksin program untuk kelompok tertentu yang akan diberikan secara gratis dan vaksin Corona mandiri atau berbayar.

Baca Juga : Begini Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Covid-19

Untuk vaksin program, sasaran penerima sekitar 32 juta orang. Kelompok penerima vaksin ini adalah tenaga kesehatan, pelayan publik termasuk TNI/Polri, dan peserta BPJS Kesehatan PBI. Mereka yang berada dalam kelompok ini tidak dibebankan biaya vaksinasi.

Untuk program vaksinasi mandiri yang kelompok penerimanya adalah masyarakat dan pelaku ekonomi, jumlah orang yang nantinya akan disuntik vaksin berada di angka 75 juta orang.

Baca Juga : Daun Pepaya Disebut Bisa Cegah Penyakit Malaria, Ini Faktanya

Di samping itu, ada beberapa negara yang sudah memastikan akan memberikan vaksin COVID-19 secara gratis kepada seluruh warganya. Berikut daftar negara yang memberikan vaksin COVID-19 gratis seperti dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Jepang
Jepang telah menyetujui undang-undang terkait pemberian vaksin COVID-19 secara gratis pada semua warganya. Pemerintahan Perdana Menteri Yoshihide Suga akan menanggung semua biaya vaksin untuk 126 juta penduduk.

Baca Juga : Bisa Menguatkan Tulang, Ini 7 Manfaat Selada untuk Kesehatan

Meski begitu, pemerintah Jepang akan tetapi memberikan izin pada mereka untuk menolak vaksinasi, jika efektivitas dan keamanan vaksin tersebut belum terbukti. Jika vaksin menunjukkan efek samping yang serius, pihak pemerintah juga bersedia menanggung biaya pengobatan dan cacat.

Saat ini, pihak Jepang sudah menyetujui vaksin dari beberapa perusahaan farmasi besar yaitu Pfizer, Moderna Inc, dan AstraZeneca. Vaksin juga diprediksi akan cukup untuk 145 juta penduduk.

Prancis hingga Bangladesh juga menggratiskan vaksin COVID-19 untuk warganya. Selengkapnya di halaman berikut.

2. Prancis
Prancis akan memastikan vaksinasi COVID-19 gratis untuk semua dalam sistem jaminan sosialnya dan telah mengalokasikan sekitar 1,5 miliar euro (US$ 1,82 miliar) dari anggaran jaminan sosial tahun depan untuk menutupi biaya tersebut.
"Mendapatkan vaksin juga tentang melindungi orang lain. Ini adalah pilihan kepercayaan, kami harus sebanyak mungkin mendapatkan vaksin," ujar Perdana Menteri Jean Castex.

3. Brasil
Pemerintah Brasil memastikan akan memberikan vaksin corona secara gratis kepada seluruh warganya. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Brasil Jair Bolsonaro melalui akun twitter resminya pada 8 Desember 2020.

"Setelah disertifikasi oleh @anvisa_official (BPOM Brasil), @govbr (pemerintah Brasil) akan menawarkan vaksin untuk semua, gratis dan tidak ada kewajiban (vaksinasi)," tulisnya.

Jair Bolsonaro menambahkan vaksin gratis yang diberikan merupakan vaksin yang telah terbukti efektivitasnya dan terdaftar di Anvisa.

4. Belgia
Belgia mengatakan akan memberikan vaksin virus Corona secara gratis untuk sekitar 70 persen dari populasi penduduk yang jumlahnya sekitar delapan juta.

"Tujuannya untuk memvaksinasi setidaknya 70 persen dari populasi. Kelompok prioritas akan ditentukan berdasarkan opini ilmiah dan debat sosial. Vaksinasi gratis untuk setiap warga negara," kata Menteri Kesehatan Frank Vandenbroucke saat konferensi kesehatan antar kementerian yang dikutip dari AFP.

5. Bangladesh
Pemerintah Bangladesh pada hari Senin mengumumkan distribusi gratis 30 juta dosis vaksin COVID-19 Oxford-AstraZeneca yang diharapkan tersedia pada bulan Januari. Pendistribusian akan dilakukan sesuai dengan protokol Organisasi Kesehatan Dunia yang menentukan siapa yang akan mendapatkan vaksin terlebih dahulu, katanya.

Pemerintah Bangladesh telah mengalokasikan sekitar US$ 87 juta untuk membeli vaksin.

"Orang akan mendapatkannya secara gratis," kata Sekretaris Kabinet negara Khandker Anwarul Islam. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : detikhealt
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]