Bentuk Generasi Religius Fungsi Lembaga Didikan Subuh Kabupaten Pessel Dimaksimalkan


Senin, 14 Desember 2020 - 09:17:20 WIB
Bentuk Generasi Religius Fungsi Lembaga Didikan Subuh Kabupaten Pessel Dimaksimalkan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Pesisir Selatan, Yoli Aang Sofria

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Fungsi Lembaga Didikan Subuh (LDS) mesti dimaksimalkan baik tingkat kabupaten, kecamatan, nagari hingga kampung dalam rangka membentuk generasi muda religius dan berkarakter. Hal itu dikatakan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Pesisir Selatan, Yoli Aang Sofria.

Selain itu menurutnya, peran pemerintah, kepedulian orang tua dan masyarakat serta lingkungan sangat dibutuhkan agar LDS yang telah dijadikan sebagai konsep pendidikan agama bagi TPA/TPSA  benar-benar tercapai secara maksimal. Dikatakannya, LDS yang diterapkan oleh semua TPA/TPSA perlu mendapat dukungan penuh dari semua elemen masyarakat, terutama sekali orang tua.

Baca Juga : Usai Dilantik, Mahyeldi-Audy akan Tempati Rumah Dinas di Jalan Sudirman dan Raden Saleh

"Melalui kegiatan ini diharapkan pemahaman dan peningkatan pengetahuan secara dini bagi anak terhadap ajaran agama Islam bisa dilakukan. Diharapkan itu menjadi pondasi kuat bagi mereka agar keimananya tidak mudah goyah," ucapnya, dikutip Senin (14/12).

Kata dia, untuk memotivasi para santri aktif dalam kegiatan LDS, maka pemerintah daerah melalui tim LDS kabupaten dan provinsi melakukan perlombaan setiap tahunnya.  Diantaranya, lomba baca Al Quran, pidato, sholat jenazah dan lainnya. Kemudian juga dialog interaktif dengan dewan hakim yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan para santri tentang ilmu agama Islam.

Baca Juga : Pertamina Kembangkan PLTP di Sungai Penuh Jambi, Kapasitas 55 MW

Lebih lanjut, visi dan misi pemerintah daerah, salah satunya terwujudnya masyarakat yang agamais. Untuk mencapai visi dan misi tersebut, maka pembangunan bidang keagamaan masuk dalam skala prioritas pembangunan.

"Ini juga dapat dilakukan melalui pemberdayaan dan peningkatakan kapasitas LDS di semua TPA/TPSA yang ada. Untuk mewujudkan kualitas pembelajaran yang semakin membaik, maka pengurus LDS mulai dari tingkat nagari, kecamatan hingga ke tingkat kabupaten, ditantang bisa melahirkan sistem atau kurikulum pembelajaran yang lebih berkualitas lagi dimasa mendatang," tukasnya.(*)

Baca Juga : Wali Kota Pariaman Berharap Musda LKAAM dan Bundo Kanduang Hasilkan Pimpinan Terbaik

 

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria | Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]