PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning, Aldi Raih Juara Pertama


Senin, 14 Desember 2020 - 10:20:28 WIB
PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning,  Aldi Raih Juara Pertama Ketua Umum DPW PKS Riau Hendry Munief, bersama Ketua Fraksi PKS DPRD Riau Markarius Anwar dan sejumlah anggota fraksi.(Istimewa)

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Aldi Saputra meraih  juara I  Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Provinsi Riau yang digelar oleh Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau.

Selain mendapatkan hadiah sebesar Rp7 juta, peserta asal Kota Pekanbaru itu juga akan diutus untuk mengikuti lomba serupa di tingkat nasional yang diadakan Fraksi PKS DPR RI pada tanggal 22 Desember 2020 mendatang.

Baca Juga : Tim Pengacara Bakal Dampingi Tiga Mahasiwa Unilak yang Dipecat

Rangkaian Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Provinsi Riau yang digelar oleh Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau,  ditutup Ahad  (13/12/2020). 

Sementara untuk juara II dan III, berhak mendapatkan hadiah masing-masing uang tunai sebesar Rp4 juta dan Rp3 juta. Mereka adalah Said Muhammad Al-Farisi asal Rokan Hulu (Rohul) dan Muhammad Masyhudi asal Indragiri Hilir (Inhil).

Baca Juga : FKPMR Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Riau

Selain juara utama, acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2020 itu juga menghasilkan para juara harapan. Mereka adalah Muhammad Abdul Jalil sebagai juara harapan I. Peserta asal Rohul berhak mendapat hadiah Rp2 juta.

Berikutnya, Muhammad Aslam asal Kampar meraih juara harapan II dsn mendapat hadiah Rp1,5 juta, dan juara harapan III diraih Muhammad Sa’ad asal Kampar, dengan hadiah Rp1 juta.
Hasil lomba menghantarkan 3 nama juara utama dan 3 juara harapan. Juara pertama diraih Aldi Saputra asal Pekanbaru, berhak mendapatkan hadiah sebesar 7.000.000,-.

Baca Juga : Jumat, Tiga Kepala Daerah Terpilih Dilantik Gubernur

Enam orang pemenang itu berhasil mengungguli 27 orang peserta lainnya dalam Kitab Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malbary. Puluhan peserta merupakan utusan juara I, II dan II dari kabupaten/kota se-Riau, yang sebelumnya telah dilakukan seleksi di DPD PKS kabupaten/kota.

Juri pada lomba ini adalah Ustaz Hikmatullah M Sy, Ustaz Dr Roza Febrian MA, dan Ustaz Dr Zul Ikrami MA. Ketiga juri ini diketahui memiliki keilmuan kitab kuning yang mumpuni.

Baca Juga : Riau Kebut Produksi Beras Hingga Capai Taget 331.237 Ton

Dikatakan Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau, Markarius Anwar, antusias masyarakat Riau mengikuti lomba ini sangat luar biasa. Hal itu terlihat dari total jumlah peserta yang mengikuti seleksi di tingkat kabupaten/kota sebanyak 174 orang.

“Selain itu kita juga berharap dengan adanya lomba kitab kuning ini terbangun semangat untuk mengkaji lebih dalam dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya di kehidupan sehari-hari,” ujar Markarius usai kegiatan.

Di tempat yang sama, Aldi Saputra bersyukur bisa meraih juara pertama pada lomba ini. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang yang terlibat dalam proses tersebut.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur kepada Allah SWT. Juga terima kasih kepada guru-guru saya di pesantren Al-Munawwarah, orang tua saya, teman-teman saya dan Fraksi PKS DPRD Riau yang telah menggelar acara ini,” ungkap Aldi. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co (Haluan Media Grup)
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]