Tak Mau Bicara Banyak di Pemeriksaan, HRS Pilih Langsung Jelaskan di Sidang


Senin, 14 Desember 2020 - 11:23:55 WIB
Tak Mau Bicara Banyak di Pemeriksaan, HRS Pilih Langsung Jelaskan di Sidang Sugito Atmo Pawiro, pengacara Habib Rizieq di Polda Metro

HARIANHALUAN.COM - Tersangka kasus penghasutan dari acara kerumunan di Petamburan, Habib Rizieq Shihab atau HRS mendekam di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. Hingga kini, penyidik belum melakukan pemeriksaan terkait pokok materi dari perkara tersebut.

Pengacara FPI, Sugito Atmo Pawiro mengatakan kliennya tersebut mengisyaratkan akan menjawab pokok materi perkara saat persidangan berlangsung.

Baca Juga : Penyidik Terus Usut Kasus Dugaan Suap Benih Lobster, 4 Saksi Dipanggil KPK

"Belum dibahas (pokok materi perkara). Karena hal yang lebih mendetil Habib Rizieq bilang sudahlah daripada kita bicara terlalu banyak dan kita sudah mentaati prosedur hukum Polda Metro Jaya, nanti hal lainnya dijelaskan di persidangan," kata Sugito saat dihubungi wartawan, Senin (14/12/2020).

Sebagai catatan, berbeda dengan lima tersangka lainnya yang dijerat Pasal 93 UU 6 tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan, HRS juga dijerat dengan Pasal 160 tentang penghasutan dan Pasal 216 KUHP.

Baca Juga : Tanah Bergerak di Purwakarta, 120 Rumah Dilaporkan Rusak

Namun sejak Sabtu (12/12) saat Habib Rizieq Shihab atau HRS diperiksa hingga ditahan pada Minggu (13/12), penyidik belum mencecar pimpinan ormas FPI tersebut dengan 2 Pasal yang dipersangkakan tersebut.

Sugito sendiri hingga saat ini belum mendapat konfirmasi kapan penyidik akan melakukan pemeriksaan terkait pokok materi perkara kepada Habib Rizieq Shihab. Namun dia mengklaim jika kliennya menolak memberikan jawaban detil saat pemeriksaan pokok materi perkara, hal tersebut diperbolehkan oleh aturan hukum.

Baca Juga : Investasi Miras Justru Bebani Ekonomi Rp256 Triliun

"Ya mungkin nanti akan ada penambahan lagi tapi misalnya beliau tidak bersedia dan menjelaskan di pengadilan tidak apa-apa," ujarnya.

Selain itu, Sugito menanggapi pemeriksaan tiga tersangka yang sebelumnya telah diperiksa penyidik. Tiga tersangka tersebut Haris Ubaidillah, Ali bin Alwi Alatasdan Habib Idrus.

Baca Juga : Waduh! Jhoni Allen Bawa Nama Tuhan, Sebut SBY Bukan Pendiri Partai Demokrat!

Tiga tersangka tersebut, lanjut Sugito, diperiksa penyidik terkait penyelenggaraan acara akad nikah putri Habib Rizieq Shihab pada Sabtu (14/11) di Petamburan yang menciptakan kerumunan dalam jumlah masif.

"Kalau yang itu terkait kepanitiaan dan sekretaris jadi diperiksa terkait bagaimana itu terjadi kok banyak kerumunan terus bagaimana pelaksanaannya kok seakan-akan dibiarkan saja," pungkas Sugito. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : detik.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]