Tahun 2021, Kabupaten Sijunjung Jamin Biaya Kesehatan 59 Ribu Warganya Melalui JKN-KIS


Selasa, 15 Desember 2020 - 13:22:32 WIB
Tahun 2021, Kabupaten Sijunjung Jamin Biaya Kesehatan 59 Ribu Warganya Melalui JKN-KIS Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung drg.Ezwandra M.Sc

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-- Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang digulirkan untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan semesta jaminan kesehatan, pelaksanaannya akan memasuki tahun kedelapan pada tahun 2021 mendatang. Program ini semakin mendapat dukungan dan komitmen dari seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia, dalam hal mengintegrasikan program jaminan kesehatan daerahnya menjadi bagian dari Program JKN-KIS.

Kabupaten Sijunjung merupakan salah satu pemerintah daerah yang telah membuktikan dukungan dan komitmennya untuk mencapai UHC dengan mengintegrasikan program Jamkesda secara berkelanjutan. Hal ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Sijunjunh untuk memastikan setiap warga di daerahnya tidak perlu lagi khawatir dengan biaya pelayanan kesehatan yang tak jarang menjadi beban ekonomi keluarga bagi masyarakat Kabupaten Sijunjung.

Baca Juga : Sekitar 16 Sepeda Motor Disita Polisi di Jalanan Pesisir Selatan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung drg.Ezwandra M.Sc  menyambut baik hadirnya Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Ia juga menyampaikan bahwa dengan bergulirnya Program JKN-KIS selama ini telah sangat membantu biaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu khususnya di wilayah Kabupaten Sijunjung

“Saat ini kepesertaan JKN KIS dikabupaten Sijunjung mencapai angka 75 persen dari jumlah penduduk yakni sebanyak 175 ribu dari 234 ribu penduduk. Kami terus mengupayakan agar yang terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran adalah kelompok masyarakat yang benar-benar kurang mampu dan memang sangat membutuhkan peran pemerintah untuk mengcover biaya kesehatannya,” ujarnya, Selasa (15/12).

Baca Juga : Rugi Rp3,4 Miliar, PT Balairung Diragukan Keberlangsungan Operasionalnya

Dirinya mengungkapkan, untuk tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kabupaten Sijunjung kembali menganggarkan dana sebesar Rp 7,5 Milyar seperti tahun sebelumnya untuk membiayai iuran jaminan kesehatan penduduk Sijunjung melalui Program JKN-KIS.

“Kami berharap program ini tepat sasaran dan manfaatnya dirasakan secara luas, Insha Alloh di tahun 2021, bisa tercapai 100 persen kepesertaan JKN KIS diwilayah Kabupaten Sijunjung,” ucap Ezwandra.

Baca Juga : Mahyeldi: Tugas Tim Penggerak PKK Membantu Kesuksesan Bupati/Walikota

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Sijunjung Liza Erlina S.Farm APT, AAK menuturkan bahwa keberhasilan pelaksanaan program jaminan kesehatan di Kabupaten Sijunjung secara umum sangat bergantung pada peran Pemda setempat, terutama dalam hal peningkatan kualitas dan layanan di fasilitas kesehatan setempat.

“Dibutuhkan pula dukungan pemda untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan stakeholders lainnya mengenai ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah yang terintegrasi dengan program JKN-KIS ini,” harap Liza. (*)

Baca Juga : BPC HIPMI Kota Solok Puji Sosok Brian yang Memiliki Jaringan Luas

Reporter : Ogi Sunandar | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]