Ketidaknetralan ASN Mendominasi Pelanggaran Pilkada 2020 


Selasa, 15 Desember 2020 - 14:16:37 WIB
Ketidaknetralan ASN Mendominasi Pelanggaran Pilkada 2020  Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengungkapkan ketidaknetralan Aparatur Sipil Negara (ASN) masih mewarnai pelanggaran Pilkada 2020.

"Kasus pelanggaran yang sudah divonis semasa tahapan Pilkada mayoritas adalah pelanggaran netralitas ASN," ungkap Abhan dalam keterangannya di Selasa (15/12/2020).

Baca Juga : Penegasan Mahfud MD, Revisi UU ITE Bisa Dilakukan

Abhan menyebutkan lembaga yang dipimpinannya telah meneruskan sekitar 1.000 kasus pelanggaran ASN kepada Komisi Apararur Sipil Negara (KASN) sebagai lembaga yang memiliki kewenangan untuk menjatuhkan sanksi.

“Untuk kasus yang sudah divonis mayoritas adalah kasus keterlibatan kepala desa yang menguntungkan salah satu pasangan calon. Persoalan KASN cukup banyak rekomendasi kita turunkan ke mereka hampir seribu lebih,” ungkap Abhan.

Baca Juga : Polisi Dapat Hibah Tesla dari IMI, Bamsoet: Cocok, Indonesia Tidak Boleh Ketinggalan

Abhan mengatakan, data yang diberikan oleh Bawaslu sudah ditindaklanjuti oleh KASN dengan merekomendasikannya kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di daerah masing-masing. 

Dia mengatakan Bawaslu dan KASN berharap dan mendorong agar PPK bersama kepemimpinan di kepegawaian segera mengeksekusi atas rekomendasi dari KASN.

Baca Juga : KBM Tatap Muka Dimulai Juli, Wakil Ketua DPD RI: Pemerintah Jangan Gegabah

“Kita mendorong agar PPK bersama kepemimpinan di kepegawaian segera mengeksekusi atas rekomendasi dari KASN kalau ada sanksinya berat ya harus segera karena kewenangan eksekusi ada di PPK," ujar Abhan. (*)

Reporter : Sam | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]