Ini 11 Tahapan SNMPTN 2021, Pendaftar Boleh Pilih 2 PTN


Kamis, 17 Desember 2020 - 05:51:37 WIB
Ini 11 Tahapan SNMPTN 2021, Pendaftar Boleh Pilih 2 PTN Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Widyobroto menyebutkan, ada 11 tahapan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Pergurua Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 tersebut. Diantaranya, pengumuman kuota oleh LTMPT bagi sekolah sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa.

Kemudian, registrasi akun LTMPT bagi sekolah Wajib bagi sekolah yang belum punya akun LTMPT, registrasi sekolah melalui laman https://portal. ltmpt.ac.id, registrasi akun LTMPT bagi siswa wajib, bagi semua siswa kelas 12 melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id, menentukan calon peserta berdasarkan data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-Pusdatin Kemendikbud atau EMIS-Pendis Kemenag oleh sekolah.

Baca Juga : Sawahlunto dan Universitas Taman Siswa Padang Teken Kerjasama

"Pengisian PDSS (pangkalan data sekolah dan siswa), pendaftaran SNMPTN 2021, dalam pilihan PTN dan program studi, pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN, pengunggahan portofolio wajib bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga," papar Budi dilansir dari website PNP, Kamis (16/12/2020).

Seleksi Jalur SNMPTN 2021 berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN, pengumuman kelulusan hasil SNMPTN 2021, dan pendaftaran ulang sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa tersebut dinyatakan diterima.

Baca Juga : Teken MoU dengan Politeknik ATI Padang, Ketum APOLIN: Ini Peluang Bagi Industri Sawit

"Sekolah diberikan kepercayaan untuk memasukkan nilai atau penentuan nilai itu menjadi kewenangan sekolah. Namun demikian, yang diisikan di PDSS itu hanya siswa yang pantas dan memenuhi syarat," terang Budi.

Untuk informasi yang lebih jelas dan valid, pihaknya juga mengimbau pihak sekolah untuk terus memantau perkembangan info, termasuk ketentuan mengisi PDSS yang akan diunggah di laman LTMPT.

Baca Juga : Politeknik Negeri Padang Fasilitasi Pertemuan Akademisi Teknik Elektro Indonesia-Filipina

LTMPT memastikan kuota setiap sekolah untuk SNMPTN 2021 diumumkan pada 28 Desember 2020.

Sebelum itu, sekolah diminta mengecek status masing-masing di Pusdatin milik Kemendikbud. Sehubungan dengan itu, sekolah bisa memperbaharui statusnya hingga 23 Desember 2020.

Baca Juga : Politeknik ATI Padang dan Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia Gelar Sharing Session

Data Pusdatin ini jadi acuan LTMPT untuk menetapkan kuota masing-masing sekolah di SNMPTN 2021. Dasarnya adalah akreditasi sekolah dan jumlah siswa secara paralel, baik IPA maupun IPS.

"Sehubungan dengan pengumuman kuota masing-masing sekolah pada 28 desember 2020, sekolah masih bisa menyanggah pengumuman tersebut. Layanan masa sanggah tentang kuota selambatnya pada 15 Januari 202, pukul 15.00 WIB," pungkas Budi. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]