Pertama Kali Perempuan akan Jadi Bupati Inhu, KPU Tetapkan Pemenang Pilkada 2020


Kamis, 17 Desember 2020 - 09:00:28 WIB
Pertama Kali Perempuan akan Jadi Bupati Inhu, KPU Tetapkan Pemenang Pilkada 2020 Rezita Meylani Yopi Arianto. (riaukarya.com)

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Rezzita Meilani Yopi, merupakan perempuan yang hampir dapat dipastikan bakal menjadi Bupati Kabupaten Indragiri Hulu  (Inhu), Riau.

Istri Bupati Yopi Arianto  yang berpasangan  dengan  Junaidi Rahmat  ini  telah ditetapkan sebagai pemenang di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2020.

Baca Juga : Tindak Pidana Pilkada, Kadis PMD dan Lima Kades Masuk Penjara

Pasangan nomor urut 2 (dua)   yang dikenal  dengan Jargon Rajut ini menang dengan selirih suara tipis 308 dari pasangan nomor urut 5 Rizal Zamzami – Yoghi Susilo.

Pleno  dimulai sejak Rabu sekira pukul 10.00 WIB dan berakhir Kamis (17/12/2020) pukul 02.30 WIB,  dipimpin langsung ketua KPU Inhu Yenni Meirida didampingi empat komisioner KPU lainnya.

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

“Dengan ini KPU Kabupaten Indragiri Hulu menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu (Inhu) 2020,” tegas Yenni dengan tiga ketukan palu sidang.

Rezita Meylani Yopi – Junaidi Rachmat memperoleh suara terbanyak dengan total 50.356 suara, disusul Paslon Rizal Zamzami – Yoghi Susilo 50.048 suara, Irjen Pol Wahyu Adi – Supriati 36.156 suara dan Paslon Siti Aisyah – Agus Rianto 35.653 serta Paslon dr.Nurhadi – Kapten (Pur) Toni Sutianto meraih 17.644 suara.

Baca Juga : Pelantikan Kepala Daerah, Segeralah Tunaikan Janji-janji Politik!

Dengan telah ditetapkanya rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu 2020, tugas KPU belum selesai. Sebab KPU masih menunggu tiga hari setelah penetapan ini terkait ada tidaknya gugatan terkait dinamika-dinamika yang ada dalam proses penetapan rekapitulasi hasil pengjitungan suara ini.

"Paling lambat lima hari, ada tidaknya gugatan, setelah adanya surat putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) maka KPU akan menetapkan Paslon terpilih,” jelasnya. (*)

Baca Juga : Sutan Riska, Bupati Dharmasraya Termuda dan Juga Seorang Raja

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co (Haluan Media Grup)
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]