Berikut 5 Gejala Anda Terinfeksi Covid-19, Salah Satunya Sakit Mata


Sabtu, 19 Desember 2020 - 06:41:38 WIB
Berikut 5 Gejala Anda Terinfeksi Covid-19, Salah Satunya Sakit Mata Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Studi terbaru menemukan lima gejala yang bisa mengindikasikan infeksi COVID-19. COVID-19 memiliki gejala yang mirip dengan flu. Meskipun mirip, Corona memiliki gejala yang khas meliputi demam, pilek, mudah merasa lelah, hilangnya kemampuan mencium bau, dan sakit tenggorokan.

Gejala umum infeksi virus Corona ditandai dengan demam, sakit tenggorokan hingga kelelahan. Sementara itu, banyak pasien bergejala ringan dan tak sedikit yang mengalami asymptomatic.

Baca Juga : Pria Lajang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Mematikan Ini

Penelitian yang diterbitkan di the journal Annals of Clinical and Translational Neurology menemukan bahwa pada 412 pasien yang diamati, 82 persen di antaranya menunjukkan tanda-tanda masalah neurologis bahkan setelah mereka diobati.

Dikutip dari berbagai sumber seperti dilansir DetikCom, berikut lima gejala yang mengindikasikan COVID-19.

Baca Juga : Dokter Maxi: Percepatan Vaksinasi Butuh Peran Seluruh Elemen Masyarakat

1. Sakit kepala
The Centre for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan sakit kepala merupakan salah satu gejala umum COVID-19. Hal ini berkisar dari nyeri ringan hingga nyeri parah di kepala yang tak tertahankan.

2. Nyeri otot
Penelitian yang diterbitkan di the journal Annals of Clinical and Translational Neurology menemukan bahwa 44,8 persen relawan yang berpartisipasi mengalami nyeri otot akibat COVID-19. Selain itu, nyeri otot juga merupakan tanda long COVID.

Baca Juga : Sumbar 155 Kasus, Jabar dan DKI Terbanyak Penambahan Positif Covid-19 Sabtu Ini

3. Brain fog
Dalam penelitian yang sama, brain fog atau kelelahan mental juga dilaporkan peserta penelitian sebagai gejala COVID-19. Meskipun brain fog merupakan gejala COVID-19 yang langka, sekitar 31,8 persen relawan mengalaminya selama penelitian.

Kondisi ini membuat orang yang mengalaminya menjadi sulit berkonsentrasi, berpikir, dan mudah lupa.

Baca Juga : Ini Tips Mencegah Dehidrasi Kulit saat Berpuasa

4. Hilangnya kemampuan mencium
Anosmia atau hilangnya kemampuan mencium bau dan mengecap rasa merupakan gejala yang dialami sebagian besar pasien COVID-19. Kondisi ini menjadi gejala umum untuk mengidentifikasikan apakah kamu terpapar Corona atau tidak.

Dikutip dari Healthline, hilangnya kemampuan untuk mencium bau atau anosmia menjadi gejala COVID-19 yang paling utama. Sekitar 20-50 persen pasien yang terinfeksi virus Corona di atas usia 35 tahun mengalami anosmia.
Sementara itu, 15-25 persen pasien COVID-19 mengalami demam, dan 13-18 persen mengalami batuk.

5. Sakit mata
Banyak orang yang terkonfirmasi COVID-19 mengeluhkan rasa sakit di mata. Tetapi hal itu masih menjadi perdebatan karena sakit mata juga bisa berasal dari penggunaan gadget yang berlebihan selama berada di rumah. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]