Antisipasi Jelang Nataru, Satpol PP Pessel Siagakan Personil dan Libatkan Ninik Mamak


Selasa, 22 Desember 2020 - 09:45:21 WIB
Antisipasi Jelang Nataru, Satpol PP Pessel Siagakan Personil dan Libatkan Ninik Mamak Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Pessel, Dailipal

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Guna meminimalisir berbagai penyakit masyarakat (Pekat) sebagaimana dikhawatirkan pada libur Natal dan menjelang pergantian tahun baru, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) juga akan melibatkan peran ninik mamak.

Upaya itu dilakukan, sebab peran ninik mamak dalam melakukan pengawasan dan penertiban terhadap berbagai pekat, sangatlah memberikan pengaruh yang sangat besar.

Baca Juga : Senin Pagi, Bupati Andri Warman Memulai Aktivitas Kedinasan

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Pessel, Dailipal, dengan didampingi Kasi Internal dan Tindakan, Zenrda Efendi mengatakan Selasa (22/12) bahwa untuk mengantisipasi berbagai bentuk Pekat pada pergantian tahun baru di daerah itu, pihaknya tahun ini menyiagakan 40 personil.

"Mereka ini akan kita tempatkan pada lokasi-lokasi strategis, atau pada tempat-tempat yang dinilai rawan terjadi berbagai pekat," katanya.

Baca Juga : Kembangkan Sektor Pariwisata, Bupati Andri Warman Lirik Tiga Kawasan Ini

Dijelaskanya bahwa lokasi-lokasi strategis itu seperti tempat umum atau taman bermain, lokasi wisata, dan tempat hiburan lainnya. Langkah itu dilakukan agar ketentraman dan kenyamanan masyarakat selama pergantian tahun baru di daerah ini benar-benar tercapai. Dalam melakukan pengamanan atau operasi Pekat pada pergantian tahun baru itu, pihaknya juga dibantu oleh personil dari Kepolisian, TNI, tokoh masyarakat.

"Operasi ini akan dimulai pukul 19.00 WIB dengan target lokasi operasi terdiri dari  kawasan wisata Bukit Langkisau, Pantai Panasahan, Pantai Carocok Painan, Pantai Salido, Shelter Rawang dan Sago, Pantai Batu Kalang Tarusan, Kawasan Wisata Mandeh, Pasir Putih Kambang Kecamatan Lengayang, Pantai Tansridano Batangkapas, dan Pantai Sumedang Kecamatan Ranah Pesisir," jelasnya.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH Sambut Aspirasi Masyarakat Campago Barat

Ditambahkannya bahwa lokasi yang disebutkan itu dinilai rawan bisa  dijadikan sebagai tempat bermadu kasih oleh kalangan remaja.

"Karena kita tidak menginginkan lokasi itu dinodai oleh perbuatan maksiat yang dilarang oleh agama, sehingga pengawasan dan patroli petugas lebih diintensifkan. Hal itu juga dilakukan melalui kerjasama masyarakat dan tokoh masyarakat setempat," ujarnya.

Baca Juga : Agar Tepat Sasaran, Dinsos Pessel Mutakhirkan Data Fakir Miskin

Terkait dengan oknum yang melanggar Peraturan daerah (Perda) pihaknya juga akan memberikan sanksi tegas sesuai dengan Perda yang dilanggar. Karena pemberlakukan sanksi sesuai ketentuan yang dilanggar akan diberlakukan secara tegas, maka peran ninik mamak sesuai dengan kewenangannya juga ikut dilibatkan dalam operasi itu nantinya pada titik-titik yang dinilai rawan tersebut.(*)

 

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria | Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]