Pandemi Covid-19, Ikatan Dokter: Jepang Status Darurat Medis


Selasa, 22 Desember 2020 - 11:39:32 WIB
Pandemi Covid-19, Ikatan Dokter: Jepang Status Darurat Medis Ilustrasi. Net

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Jepang didesak agar mendukung sistem medis negara yang merintih akibat pandemi virus corona.  Ikatan dokter, perawat dan tujuh kelompok medis nasional lainnya juga menyatakan status darurat medis.

"Penyebaran infeksi virus corona tidak menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Apabila dibiarkan, maka orang-orang di Jepang tidak akan mendapatkan perawatan medis reguler, terlebih untuk perawatan Covid-19," bunyi pernyataan bersama dilansir Antara  pada Selasa (22/12/2020),

Sembilan kelompok, yang juga mencakup ikatan dokter gigi dan apoteker, meminta pemerintah agar memberikan bantuan yang tepat bagi para pekerja medis lini terdepan. Mereka juga meminta masyarakat agar menerapkan langkah pencegahan COVID-19 secara menyeluruh.

Baca Juga : 40 Negara di Dunia Tak Bisa Beri Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Meski tidak jauh dari tingkat keparahan yang terlihat di Amerika Serikat dan Eropa, infeksi COVID-19 di Jepang meningkat drastis ke rekor tertinggi pada Desember ini. Kondisi itu menimbulkan kekhawatiran bahwa fasilitas medis mungkin kewalahan ketika mereka biasanya kekurangan staf di musim liburan.

Hingga kini Jepang mengonfirmasi lebih dari 201.000 infeksi COVID-19 dengan 2.965 kematian, menurut lembaga penyiar NHK. (*)

Editor : Dodi | Sumber : antaranews
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]