Ratusan Tahfidz Tingkat SD-SMP Diwisuda Pemkab Solok Selatan


Rabu, 23 Desember 2020 - 15:01:11 WIB
Ratusan Tahfidz Tingkat SD-SMP Diwisuda Pemkab Solok Selatan Pengalungan medali oleh Plt Kadis Pendidikan kepada salah seorang wisudawan Tafizh.

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM -  Pemerintah Kabupaten Solok Selatan wisudakan Ratusan Tahfidz dari SD sampai SMP dalam rangka menyukseskan Program Solok Selatan Religius 2020, di Aula Sarantau Sasurambi. Selasa (23/12/2020). 

Sebanyak 132 orang tahfidz yang di wisuda dari beberapa SD Sampai SMP di antara nya SMP N 01 Solok Selatan Kec. Sungai Pagu, SMP N 03 Solok Selatan  Kec. Sangir, SMP N 06 Solok Selatan Kec. SJJ, SMP IT Marhamah, SMP N 05 Solok Selatan Kec. Pauh duo, SD N 01 Pakan Rabaa kec. KPGD, SD N 01 Lubuk Gadang Kec. Sangir, SD N 04 Bariang Rao-Rao Kec. Sungai Pagu, SD N 03 Pekonina kec. Pauh Duo, SD N 04 Sungai Gading Kec. SBJ, dan SD IT Marhamah Kec. Sungai Pagu. 

Baca Juga : Tahun Ini, 25 Nagari di Agam akan Menggelar Pemilihan Wali Nagari

Plt Kepala Dinas Pendidikan Novrizon saat mewakili Plt Sekda dalam memberikan sambutan

Baca Juga : Selasa Depan, 1.292 Tenaga Kesehatan di Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

 

Plt. Bupati Solok Selatan dalam hal ini yang diwakili oleh Kadis Pendidikan kepemudaan dan Olahraga Novrizon mengatakan Kegiatan wisuda tahfidz Quran ini memiliki peran penting dalam upaya menumbuh kembangkan minat baca Al-qur'an di kalangan Masyarakat dan anak usia dini khususnya tingkat SD dan SMP sehingga Program Pemerintah untuk membumikan Al-Quran dapat terwujud. 

Baca Juga : Disdik Solsel Bahas Kelanjutan Sekolah Tatap Muka

"Melalui Wisuda Santriwan dan Santriwati tahfidz ini juga patut untuk kita syukuri karena di kabupaten Solok Selatan akan muncul ahli-ahli Quran dan penghafal Quran yang akan memakmurkan Agama di pelosok Jorong, Nagari dalam wilayah Kabupaten Solok Selatan," ujarnya.

Baca Juga : Berikut Rincian Sumber Bantuan Bencana Banjir Bandang Solsel 2019

Pejabat Solok Selatan, saat menghadiri acara wisida Tahfidz.

 

Kemudian Nofrizon juga mengapresiasi kepada para Guru, Ustadz dan Ustadzah Program Solok Selatan religius yang secara serius dan Konsisten dalam membina para siswa siswi penghafal Al-Quran. 

"Kami bangga dengan tekad para Guru Tahfidz yang secara ikhlas dan istiqamah membimbing para calon kader penjaga kemurnian Al-Quran, tanpa kenal lelah, rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan bahkan material demi tujuan mulia," ungkapnya.

"Berkat tangan dingin dan ketulusan mereka, Alhamdulillah kita memiliki calon-calon Generasi Qurani yang mampu menjaga dan memelihara kemurnian Al-Quran. Insyallah, kedepan kabupaten Solok Selatan akan memiliki para penghafal Al-Quran yang bisa menyejukkan dan membawa keberkahan bagi daerah ini," ujarnya.

Dihadiri oleh peserta dari tujuh kecamatan.

 

Kemudian Novrizon juga mengatakan Program Solok Selatan Religius merupakan bentuk implementasi visi dan misi Kabupaten Solok Selatan yang religius, pendidikan nilai-nilai Al-Quran dalam membina kepribadian seorang Muslim sejak usia dini. 

"Seorang Muslim akan dapat mengamalkan Nilai-Nilai Islam dengam baik jika ia sudah bisa menghafal Al-Quran. Sebab, salah satu kewajiban umat Islam terhadap Al-Qur'an selain membaca dan mengamalkannya," Imbuhnya.

Novrizon juga berpesan kepada kepada para Santri yang telah khatam menghafal, supaya menjaga hafalannya. 

"Karena menjaga hafalan Al-Quran itu lebih sulit ketimbang menghafalnya. Menghafal Al-Qur'an itu mudah bagi yang mau menghafalnya, Namun berat adalah memelihara hafalannya," katanya.

"Para orang tua yang anaknya telah khatam menghafal, kami ingatkan supaya senantiasa mengingatkan dan mendampingi secara terus menerus untuk menjaga hafalannya. Ingatlah bahwa orang tua yang memiliki anak tahfidz Quran akan mendapatkan mahkota yang berkilauan dan sinarnya mengalahkan sinar matahari pada yaumul Qiyamah natinya," katanya mengingatkan. 

Kemudian Novrizon mengharapkan kepada Generasi Muda Islam untuk terus membentengi diri dengan nilai-nilai Agama, Supaya tidak terjadi kemerosotan moral bagi generasi muda karna pengaruh Globalisasi. 

"Mari kita hidupkan tradisi budaya Maghrib mengaji di lingkungan Rumah Tangga. Orang tua dan anak-anak hendaknya secara bersama-sama untuk membaca Al-Quran setaip hari minimal satu hari satu halaman Al-Quran." ungkapnya. 

"Kami juga tak lupa mengucapkan selamat kepada para orang tua yang putra putrinya hai ini diwisuda. Lebih-lebih kepada wisudawan dan wisudawati, kami ucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih. Semoga Allah Swt, senantiasa memberkahi segala usaha kita untuk memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya Manusia, di Kabupaten Solok Selatan," katanya.

Turut dihadiri oleh Kadis pendidikan dan pemuda olahraga Novrizon, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan, mewakili kepala kementrian Agama Solsel Mahadolok Ritonga. (Advertorial)

Reporter : Jefli | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]