Kabar Baik! Pelaku Wisata Kuliner di Mentawai Dapat Bantuan Stimulus 


Rabu, 23 Desember 2020 - 23:10:45 WIB
Kabar Baik! Pelaku Wisata Kuliner di Mentawai Dapat Bantuan Stimulus  Bupati Mentawai bersama unsur Forkopimda menyerahkan bantuan secara simbolis ke pelaku wisata kuliner. 

TUAPEIJAT, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Mentawai memberikan bantuan stimulus kepada para pelaku usaha kuliner berupa tenda, etalase, payung pantai, meja dan kursi. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Rabu (23/12/2020) di Pantai Mapadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. 

Dalam arahannya Yudas meminta kepada penerima bantuan tersebut untuk tetap semangat dalam menjalankan usaha dan mengutamakan kenyaman dan keamanan pengunjung. "Bantuan ini hanya sebagai stimulus untuk meningkatkan semangat pelaku usaha kuliner di kawasan wisata. Artinya, untuk memajukan wisata itu ujung tombaknya ya pelaku wisata, pemerintah hanya sebagai penyambung, bagaimana wisata itu bisa lebih bergairah," papar Yudas saat memberikan arahan.

Baca Juga : Personel Polri dan ASN Polres Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

Menurutnya ada dua hal yang harus diperhatikan oleh para pelaku wisata agar pengunjung memiliki kesan yang baik saat berkunjung ke Kepulauan Mentawai yakni kenyamanan dan keamanan pengunjung. Dua hal ini menjadi daya tarik terhadap wisatawan untuk datang kembali berkunjung. Begitu wisatawan datang ke Mentawai, yang pertama dilihat adalah kenyamanan dan keamanan.

Dengan begitu, kata Yudas, begitu wisatawan tersebut pulang, maka pengalaman saat berkunjung ke Mentawai akan memiliki kesan positif dan menjadi cerita menarik untuk datang kembali berkunjung ke Mentawai. "Untuk itu, kita harus ramah kepada pengunjung, menjaga agar pengunjung tetap merasa aman. Jangan sampai mereka melihat raut wajah yang tidak ramah, kemudian menjaga kebersihan ini juga salah satu dari kenyamanan," paparnya.  

Baca Juga : Pemkab Agam Seleksi Kafilah Menjelang MTQN Sumbar ke-39

Sementara itu, Kepala Disparpora Mentawai Joni Anwar kepada wartawan menyebutkan bahwa bantuan yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) tersebut diberikan kepada kelompok sadar wisata Desa Tuapejat, diantaranya pelaku wisata kuliner di Dusun Pantai Jati, Pantai Mapadegat dan pelaku usaha di kawasan home stay Mapaddegat.

"Jadi ada tiga lokasi destinasi wisata yang menerima bantuan ini, masing-masing lokasi mendapatkan 4 paket sarana wisata, dalam satu paket terdapat 1 tenda utama, 1 etalase jualan, 1 meja dan payung bundar serta empat buah kursi. Disamping itu, kita serahkan juga handsanitizer dan masker," paparnya.

Baca Juga : Minimalisir Penggelapan Aset Daerah, Pemkab Pessel Lakukan Inventarisasi Secara Berkala

Dia berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan kembali perekonomian masyarakat, khususnya para pelaku usaha di Mentawai di sektor pariwisata yang selama ini juga terkena imbas dari pandemi Covid-19. Namun, meskipun aktivitas pariwisata sudah dibuka, kata dia, para pelaku wisata tetap mematuhi aturan Protokol Kesehatan sesuai dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kepulauan Mentawai, Kakansar Mentawai, Dandim 0319 Mentawai, Wakapolres Mentawai, Pihak Perbankan, Para pelaku wisata kuliner dan tamu undangan lainnya. (*)

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Proaktif Lakukan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Reporter : Redi | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]