Catat! Jupiter dan Saturnus Akan Bertemu Setelah 800 Tahun Jelang Natal


Rabu, 23 Desember 2020 - 23:49:50 WIB
Catat! Jupiter dan Saturnus Akan Bertemu Setelah 800 Tahun Jelang Natal Jupiter dam Saturnus. (ist)

SAINS, HARIANHALUAN.COM - Dua planet besar, Saturnus dan Jupiter akan semakin berdekatan dan akan berpapasan tak akan lama lagi. Pertemuan keduanya sebagai Great Conjunction atau Papasan Agung. Menariknya, Great Conjunction dua planet ini bisa terlihat sebagai satu bintang saja jika diteropong dengan mata telanjang.

Menurut CNet seperti dilansir dari HiTekno, papasan Saturnus dan Jupiter ini terakhir kali terjadi pada 1226. Nyaris menyatunya Jupiter dan Saturnus di langit Bumi sebenarnya terjadi setiap 19,6 tahun. Tapi, terakhir kali kedua planet ini berpapasan pada malam hari dan manusia di Bumi bisa melihatnya adalah sekitar 800 tahun silam.

Baca Juga : Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars

"Hari Senin 21 Desember 2020 nanti, dua planet raksasa Jupiter dan Saturnus akan terkunci dalam pelukan. Keduanya akan tampak bersatu dan terlihat sebagai sebuah bola putih cemerlang di langit. Tontonan romantis ini dalam dunia astronomi disebut dengan Great Conjunction," tulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Instagram belum lama ini.

Di Barat, papasan agung antara Jupiter dan Saturnus ini juga disebut sebagai Christmas Star karena terjadi jelang Natal. Tetapi penamaan ini, jelas para astronom, sama sekali tak berhubungan dengan peristiwa Natal dalam tradisi Kristen. Meski dari Bumi terlihat begitu dekat, hanya terpisah 0,1 derajat - jarak sebenarnya antara Jupiter dan Saturnus ketika peristiwa langka ini terjadi adalah sekitar 450 juta mil.

Baca Juga : Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun

Jadi jangan sampai lewatkan papasan agung antara Jupiter dan Saturnus malam ini. Tetapi ingat, kejadian langka ini hanya bisa disaksikan jika kondisi langit sedang cerah. Cara melihat papasan agung ini mudah saja: berpalinglah ke arah barat daya, di ketinggian sekitar 25 derajat setelah Matahari terbenam. Saturnus dan Jupiter akan terlihat segaris secara vertikal dan cukup cemerlang untuk diamati dengan mata telanjang.

Menurut para ilmuwan di blog astronomi Langit Selatan, Jupiter dan Saturnus akan terbenam setelah pukul 20.07 WIB. Itulah peristiwa Great Conjunction, pertemuan planet Saturnus dan Jupiter yang langka terjadi. (*)

Baca Juga : Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 01:47:41 WIB

    Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars

    Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars NASA kembali menunjukkan penelitian terbarunya yang mengungkapkan kehidupan dari Bumi dapat bertahan sementara di atmosfer mirip Mars. Temuan ini membantu para ilmuwan untuk lebih memahami kemungkinan mengeksploitasi lingkung.
  • Senin, 22 Februari 2021 - 01:14:14 WIB

    Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun

    Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun Ilmuwan dalam penelitian baru mengklaim telah berhasil mengungkap kematian Firaun Mesir Seqenenre Taa II. Salah satu penguasa penting di masanya. Menurut hasil dari penelitian terbaru ini, ilmuwan mengklaim kalau Firaun Mesir.
  • Rabu, 17 Februari 2021 - 22:58:28 WIB

    Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan

    Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan Para ilmuwan sebelumnya telah bersepakat akan teori kemusnahan dinosaurus dengan nama "penabrak Chicxulub". Namun kini muncul teori baru terkait musnahnya makhluk raksasa ini. Teori "penabrak Chicxulub" ini dipercayai dengan .
  • Selasa, 16 Februari 2021 - 11:15:20 WIB

    Dinosaurus Punah Karena Asteroid Tabrak Bumi & Jupiter? Ini Kata Peneliti

    Dinosaurus Punah Karena Asteroid Tabrak Bumi & Jupiter? Ini Kata Peneliti Pelaku baru yang berhasil memusnahkan dinosaurus di Bumi telah ditemukan oleh para peneliti. Menurut peneliti, Amir Siraj, ini seperti mesin permainan pinball dan ada kerja Jupiter di dalamnya..
  • Sabtu, 13 Februari 2021 - 06:39:46 WIB

    Heboh NASA Bilang Matahari Akan Terbit dari Barat, Benarkah?

    Heboh NASA Bilang Matahari Akan Terbit dari Barat, Benarkah? Matahari bisa terbit dari barat. Itu isi sebuah postingan Facebook yang dibagikan belasan ribu kali dan mengklaim bahwa hal itu diumumkan oleh lembaga antariksa NASA. Benarkah demikian?.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]