Vaksin Ini Diklaim Ampuh Kalahkan Mutasi Corona Baru


Kamis, 24 Desember 2020 - 07:31:20 WIB
Vaksin Ini Diklaim Ampuh Kalahkan Mutasi Corona Baru Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rusia mengklaim vaksin virus corona (Covid-19) buatan negaranya, Sputnik V, efektif melawan penularan virus corona varian baru yang belakangan menyebar di Inggris.

"Berita baiknya adalah pejabat kesehatan Rusia mengatakan bahwa vaksin Sputnik V efektif melawan mutasi virus corona baru ini," kata Duta Besar Rusia di Jakarta, Lyudmila Vorobieva, dalam jumpa pers virtual pada Rabu (23/12).

Penemuan kasus infeksi mutasi virus corona baru di Inggris pada akhir pekan lalu memicu kewaspadaan dan kekhawatiran bagi banyak negara, terutama di kawasan Eropa.

Baca Juga : 40 Negara di Dunia Tak Bisa Beri Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Puluhan negara segera menutup perbatasan mereka dari Inggris demi mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 yang disebabkan jenis baru virus corona baru tersebut.

Meski begitu, penularan varian baru virus corona ini telah terdeteksi di luar Inggris seperti sejumlah negara Eropa dan Australia. Afrika Selatan juga mendeteksi kasus penularan mutasi virus corona baru namun berbeda dari yang ditemukan di Inggris.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memperingatkan ready viewed virus corona baru ini 70 persen lebih cepat menular.

Johnson menganggap kemunculan jenis baru virus corona ini menjadi penyebab lonjakan penularan Covid-19 di London dan selatan Inggris dalam beberapa waktu terakhir.

Meski penemuan kasus corona jenis baru ramai dibicarakan sejak akhir pekan lalu, seorang analis kesehatan independen Inggris, Dr. John Campbell, mengatakan mutasi virus corona itu pertama kali terdeteksi pada akhir September lalu di Kent, Inggris.

Sejauh ini, para peneliti di Inggris belum bisa membuktikan apakah virus itu lebih ganas dan membuat orang yang tertular menampakkan gejala yang lebih parah.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : cnnindonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]