Nagari Rabi Jonggor Bisa Terus Berbenah dan Maju di Tengah Pandemi Covid-19


Kamis, 24 Desember 2020 - 16:32:49 WIB
Nagari Rabi Jonggor Bisa Terus Berbenah dan Maju di Tengah Pandemi Covid-19 Wali Nagari Rabi Jonggor, Saherman, SH.

SIMPANG AMPEK, HARIANHALUAN.COM - Nagari Rabi Jonggor, Kacamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terus berbenah dan membangun demi mencapai kemajuan serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok kampung. Meski tahun 2020 ini adalah tahun yang berat karena hampir seluruh negara di penjuru dunia dilanda pandemi Covid-19. 

Namun, Nagari Rabi Jonggor dibawah kepemimpinan Wali Nagari, Saherman tetap berupaya membangun berbagai infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat disamping juga menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakatnya yang terdampak Covid-19. Pemerintahan Nagari Rabi Jonggor dibawah kepemimpinan Saherman yang kemampuannya sudah tidak diragukan lagi tahu betul dengan apa yang dirasakan dan dibutuhkan oleh masyarakatnya.

Baca Juga : AXIS Paket “Boostr Conference” dan Paket “Boostr Edukasi” Belajar Tetap Lancar Lewat layar #KenapaNggak

Meskipun begitu, pencapaian pembangunan yang dicapai oleh Wali Nagari Rabi Jonggor, Saherman ini, tentunya tak terlepas dari kedekatan dan dukungan dari berbagai pihak seperti, tokoh adat, masyarakat, pemuda dan pemerintahan daerah hingga pusat yang dijalin oleh Wali Nagari yang dikenal ramah dan dekat dengan masyarakat itu.

Baca Juga : Jembatan Pulai, Sebuah Penyaksian Dalam Memerdekakan Ranah Subarang Batang Hari

Saat ditemui harianhaluan.com, Wali Nagari Rabi Jonggor, Saherman mengatakan, pada tahun 2020, selain melakukan pembangunan infrastruktur selama pandemi Covid-19 melanda, pihaknya juga terus melakukan upaya-upaya untuk melakukan pencegahan dalam memutus tali rantai penyebaran Covid-19 serta memberikan bantuan sosial untuk meringankan beban perekonomian yang dirasakan masyarakat.

Baca Juga : Solsel Butuh Peralatan Kebencanaan, Abdul Rahman Temui Kapusdalops BNPB

"Disamping memberikan bantuan akibat covid 19, kita juga tetap melakukan pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat hingga pelosok perkampungan, sehingga masyarakat dipelosok juga dapat merasakan pembangunan yang diberikan oleh pemerintah," ujarnya.

Saherman melanjutkan, di tahun 2020 Nagari Rabi Jonggor mendapatkan Dana Desa dari Pemerintah Pusat sebesar Rp2.220.594.000 dan dana tersebut telah dianggarkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp1.558.800.000 guna meringankan beban masyarakat tidak mampu yang terdampak langsung akibat Covid-19.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19, Mahyeldi-Hendri Bagikan Masker di Pasar Raya Padang 

"BLT ini diterima oleh 433 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh wilayah Kejorongan di Nagari Rabi Jonggor ini. Pencairannya pun kita lakukan setiap tiga bulan sekali dan saat ini sudah masuk tahap ketiga," ucap Saherman. 

Saherman menjelaskan, adapun kegiatan pembangunan fisik Nagari Rabi Jonggor tahun 2020 dari Alokasi Dana Desa (ADD) antara lain, pembangunan bronjong di Jorong Siligawan Gadang dengan anggaran sebesar Rp100 juta. Pembangunan irigasi persawahan di Jorong Bulu Laga besar anggaran Rp150 juta, rehabilitasi jembatan Jorong Sei Magelang anggaran sebesar Rp120 juta. 

Kemudian, pembangunan Lapangan Voli Sei Magelang Rp50 juta dan rehabilitasi jembatan gantung Pote di Jorong Talang Kuning dengan anggaran sebesar Rp75 juta. Sedangkan pembangunan yang bersumber dari ADN antara lain, pembangunan jalan usaha tani sepanjang 2.000 meter di Jorong Paraman Ampalu dengan anggaran sebesar Rp170 juta dan Rehabilitasi PAM Paraman Ampalu sebesar Rp158 juta. 

"Melalui ADD dan ADN ini kita berupaya melakukan pemerataan pembangunan hingga kepelosok perkampungan, terlebih pembangunan yang sifatnya dapat menopang dan meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Ditambahkannya, pelaksana kegiatan itu dilakukan secara swakelola melalui Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang dibentuk melalui musyawarah di setiap kejorongan yang ada. Setiap pelaksanaan diawasi oleh tim teknis yang terdiri dari unsur masyarakat, Bamus, Babhinkamtibmas, Babinsa, LPMN, kecamatan dan unsur terkait lainnya.

"Pelaksanaan pembangunan dilaksanakan oleh TPK yang dibentuk melalui musyawarah ditingkat kejorongan dan diawasi oleh tim teknis dan unsur lainnya," kata Saherman.

Disamping itu, Saherman juga berterima kasih atas kekompakan, kerja sama dan dukungan yang telah di berikan semua pihak, sehingga semuanya dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. karena dengan bersama, tentunya tidak ada yang sulit dan semua bisa dilakukan. "Bangunan ini adalah milik kita bersama, mari kita jaga dan rawat bersama, sehingga dapat dipergunakan untuk jangka lama dan bisa dirasakan oleh anak cucu kemanakan kita nantinya," ajaknya.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai arahan pemerintah dengan cara selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. "Tetap jaga kesehatan, selalu memakai masker ketika bepergian, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta menjauhi keramaian agar kita dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini," tutupnya. (*)

Reporter : Fadli | Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]