Efek Positif dan Negatif Minum Kopi Tiap Pagi


Selasa, 29 Desember 2020 - 10:14:35 WIB
Efek Positif dan Negatif Minum Kopi Tiap Pagi Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Apakah setiap pagi Anda harus sarapan disertai dengan secangkir kopi? Bagi sebagian orang kopi diperlukan untuk mengawali rutinitas hari tersebut. Namun, beberapa orang kadang tidak mengetahui efek negatif dari mengonsumsi kopi setiap hari.

Meskipun begitu, jangan risau dulu minuman berkafein tersebut juga memiliki beberapa efek positif bagi tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut efek positif minum kopi setiap hari:

Baca Juga : Selama Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik Hingga 49%

    ⁃    Melindungi tubuh dari kerusakan

Ahli diet sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Melissa Perst mengatakan Kopi hitam mengandung polifenol yang merupakan antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan. Kopi juga mengandung lebih banyak antioksidan daripada teh hitam dan hijau. Antioksidan dalam kopi berpotensi melawan obesitas dan menurunkan berat badan, dapat melindungi retina dan mata, mencegah Alzheimer, kanker, ataupun stroke.

Baca Juga : Wajib Tahu, Saat Ekor Kucing Mendadak Mengembang Artinya Begini

    ⁃    Menyehatkan usus

Di beberapa penelitian ditemukan bahka kopi dapat mengurangi risiko penyakit pankreatitis, batu empedu dan kandung empedu. Kafein di dalamnya merangsang pergerakan otot di usus, untuk melancarkan buang air besar.

    ⁃    Meningkatkan konsentrasi

Seorang Ahli gizi ahli di Northwestern Medicine Central DuPage Hospital, Elizabeth Spencer menjelaskan kopi mengandung kafein serta stimulan yang bekerja pada sistem saraf pusat untuk meningkatkan norepinefrin dan dopamin yang meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Kafein juga memblokir efek zat kimia otak yang memicu kelelahan.

    ⁃    Mengurangi resiko penyakit kronis

Kebiasaan minum kopi setiap hati dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner pada wanita. Penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, dan berpotensi menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

    ⁃    Mengurangi resiko penyakit Liver

Kopi dalam jumlah sedang, antara 1 sampai 4 cangkir per hari dapat membantu melawan kondisi penyakit liver seperti sirosis akibat alkohol, kanker hati, dan hepatitis C.

Lalu, apa saja efek negatif yang dihasilkan akibat meminum kopi setiap hari? Berikut ulasannya:

    ⁃    Membuat kecanduan

Dari segi lain, minum kopi memiliki dampak negatif yaitu kecanduan. Kandungan kafein di dalamnya adalah obat yang mengakibatkan kecanduan. Jika telah kecanduan kafein, berhenti mengonsumsinya dapat menyebabkan sakit kepala, mual, dan sembelit.

    ⁃    Mengganggu waktu tidur

Minum lebih dari lima cangkir kopi per hari, bisa mengganggu waktu tidur Anda. Kualitas tidur yang baik sangat penting, jika tidur terganggu berisiko mengalami penyakit jantung dan obesitas.

    ⁃    Meningkatkan kecemasan

Mengonsumsi terlalu banyak kopi dapat menimbulkan efek samping yang tidak nyaman berupa meningkatnya kecemasan dan gugup. Kafein juga dapat menyebabkan peningkatan detak jantung, tekanan darah, hormon stres, maupun gejala yang akan meningkatkan perasaan cemas. Bagi mereka yang sensitif terhadap kafein, perlu memerhatikan asupan kopi agar tidak terlalu berlebihan.

    ⁃    Dapat memperburuk GERD

Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) adalah suatu kondisi di mana asam berulang kali keluar dari perut ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak nyaman di dada dan tenggorokan. Bagi sebagian GERD dapat dipicu saat mengonsumsi kafein di kopi. Kafein dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, otot yang menahan isi perut agar tidak naik ke kerongkongan yang menyebabkan refluks asam.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]