Miliki Kulit Berminyak, Kenali Faktor Penyebab Utamanya


Jumat, 01 Januari 2021 - 10:20:16 WIB
Miliki Kulit Berminyak, Kenali Faktor Penyebab Utamanya Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jika memiliki kulit wajah yang berminyak tentu mengganggu, bukan? Terlebih jika minyak di wajah sering membuat Anda kewalahan mengatasinya. Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit wajah jadi mudah berminyak. Kira-kira apa saja ya yang menjadi pemicu produksi minyak yang berlebih di area wajah?

Berikut 7 daftar faktor yang menjadi penyebab utama kulit wajah berminyak:

Baca Juga : Jangan Asal Guyur, Begini Cara Menyiram Tanaman Hias yang Benar

    ⁃    Tingkatan stres

Tingkat stres dapat memicu minyak di wajah menjadi berlebih. Ketika stres, produksi hormon kortisol akan meningkat dan bisa berdampak dengan kesehatan kulit wajah karena memicu kelenjar minyak. Produk minyak yang dikeluarkan di wajah disebabkan reaksi tubuh terhadap hormon kortisol. Jika produk minyak jadi berlebihan akibat stres, kamu perlu intropeksi diri kembali nih. Ketahui sumber stres terlebih dahulu, sehingga masalah yang menyebabkan stres bisa segera teratasi.

Baca Juga : Perhatikan! Ini Langkah Mencegah Karat pada Pisau, Sendok, dan Garpu

    ⁃    Penggunaan produk kecantikan

Coba periksa kembali apakah produk kecantikan yang Anda gunakan mengandung minyak. Karena tanpa disadari ada kandungan yang bisa memberi efek untuk kulit wajah. Ada baiknya Anda bisa lebih memperhatikan kandungan dalam produk kecantikan secara lebih rutin ya. Anda bisa memilih produk kecantikan yang bebas minyak dan tidak terlalu berat di kulit.

Baca Juga : MSG Ternyata Sangat Berguna Bagi Lansia, Ini Penjelasan Pakar Diet

    ⁃    Sering mengonsumsi makanan berminyak

Suka makan gorengan, mulai sekarang tahan-tahan dulu ya. Kandungan minyak tak jenuh yang ada pada gorengan bisa berdampak ke kulit wajah lho, apalagi kalau makan terlalu sering.
Selain makanan berminyak, makanan yang pedas juga bisa menstimulasi tubuh untuk memproduksi minyak. Kalau sudah suka dengan makanan pedas dan goreng-gorengan pasti susah ya untuk ditahan.

Baca Juga : Cewek Ini Ngaku Tidur Nyaris 24 Jam, Warganet: Tidur Apa Latihan Meninggal?

    ⁃    Kondisi hormon

Ketika menstruasi, kondisi kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh tidak seimbang alias naik turun. Kondisi inilah yang bisa menstimulasi kelenjar minyak akan berlebih di wajah, sehingga pori-pori kulit mudah tersumbat.
Siklus bulanan yang terjadi tidak hanya meningkatkan aktivitas produksi minyak pada kulit wajah tetapi juga kulit kepala.  Untuk mengurangi produk minyak di wajah Anda, ada baiknya untuk tetap menggunakan pembersih wajah secara rutin.

    ⁃    Pergantian cuaca

Tanpa Anda sadari, pergantian cuaca juga bisa menjadi faktor kulit wajah berminyak. Ketiak cuaca panas terik biasanya kulit akan cepat berminyak. Kondisi tersebut karena aktivitas kelenjer keringat menjadi meningkat.

    ⁃    Faktor genetik

Jika memiliki orangtua yang punya jenis kulit berminyak, besar kemungkinan keturunannya pun memiliki jenis kulit yang serupa. Ukuran besar kecilnya kelenjar yang memproduksi kandungan minyak biasanya tidak jauh berbeda dengan milik orangtua.

    ⁃    Mengonsumsi obat-obatan

Keseringan mengonsumsi obat-obatan juga dapat membuat masalah pada kulit. Salah satu efek yang ditimbulkan bisa membuat kulit mengeluarkan minyak berlebih. Akan lebih baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk kualitas kulit wajah yang lebih baik.(*)
 

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]