Dua Vaksin Ini Direkomendasikan WHO, Vaksin China Apa Kabar?


Jumat, 01 Januari 2021 - 10:30:48 WIB
Dua Vaksin Ini Direkomendasikan WHO, Vaksin China Apa Kabar? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pfizer/BioNTech akhirnya mendapatkan ijin untuk pemakaian darurat vaksin corona dari World Health Organization atau WHO. Pemberian pada Pfizer/BioNTech ini dikonfirmasi langsung oleh pejabat tinggi WHO, Mariangela Simao.

"Ini adalah langkah yang sangat positif untuk memastikan akses global ke vaksin Covid-19," kata dia, dikutip dari AFP, Jumat (1/1/2021).

Baca Juga : Vaksin Terampuh Lawan Covid Sudah Ketemu, Ini Dia!

Persetujuan tersebut jadi yang pertama diberikan oleh WHO pada vaksin Covid-19 yang telah ada di dunia saat ini. Walau sudah mengeluarkan izin, Simao mengingatkan untuk ada upaya lebih besar agar pasokan vaksin bisa mencukupi kebutuhan yang ada.

Lalu bagaimana dengan vaksin dari China?

Baca Juga : Simak! 5 Manfaat Ajaib Rumput Laut, Buat Awet Muda hingga Detoksifikasi Kulit

WHO belum memberikan kejelasan soal nasib vaksin ini. Namun di negara asalnya, vaksin Sinopharm telah mendapatkan izin bersyarat dari regulator setempat.

Sinopharm mendapatkan izin pertama yang dikeluarkan pemerintah China untuk penggunaan secara umum. Persetujuan hadir satu sehari setelah data interim uji klinis fase tiga vaksin menunjukkan efektivitasnya mencapai 79,34%.

Baca Juga : Bisa Dicoba, 7 Cara Cepat Membersihkan Paru-paru karena Rokok dan Polusi

Izin bersyarat tersebut diartikan sebagai penelitian masih akan berlanjut dan regulator dapat meminta banyak data keamanan dan efektivitas vaksin di kelompok tertentu. Biasanya pemberian vaksin akan dibatasi pada kelompok usia tertentu.

Persetujuan tersebut juga datang setelah Sinopharm mendapatkan izin penggunaan darurat nan kontroversial dari pemerintah China pada Juli 2020. Saat itu vaskin dapat disuntikkan untuk masyarakat yang masuk dalam kategori beresiko tinggi misalnya tenaga kesehatan, militer dan diplomat.

Baca Juga : Covid-19 Melandai, Jumlah Pasien RSKI Galang Turun Drastis

Hingga November disebutkan telah ada 1 juta masyarakat China disuntikkan vaksin Sinopharm. Selain Sinopharm China memiliki dua kandidat vaksin lain, CanSino dan Sinovac.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : CNBCindonesia
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]