Mengagumkan! Ilusi Visual Ini Dapat Membantu Kesadaran


Sabtu, 02 Januari 2021 - 19:59:15 WIB
Mengagumkan! Ilusi Visual Ini Dapat Membantu Kesadaran ilustrasi kesadaran visual

SAINS, HARIANHALUAN.COM - Seberapa banyak yang Anda sadari saat ini? Apakah Anda hanya sadar akan kata-kata di tengah bidang visual Anda atau semua kata yang mengelilinginya? Kita cenderung berasumsi bahwa kesadaran visual kita memberi gambaran yang kaya dan detail dari seluruh pemandangan di depan kita.

Kebenarannya sangat berbeda, seperti yang ditunjukkan oleh penemuan ilusi visual yang diterbitkan dalam Psychological Science seperti dilansir dari Independent.co.uk. Untuk mengilustrasikan betapa terbatasnya informasi di bidang visual kita, dapatkan setumpuk kartu remi. Pilih tempat di dinding di depan Anda dan tataplah. Kemudian ambil kartu secara acak.

Baca Juga : Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars

Tanpa melihat ke depan, pegang jauh ke kiri dengan tangan lurus, sampai berada di tepi bidang visual Anda. Teruslah menatap titik di dinding dan balikkan kartu sehingga menghadap Anda. Coba tebak warnanya. Anda mungkin akan merasa sangat sulit. Sekarang perlahan-lahan pindahkan kartu lebih dekat ke tengah penglihatan Anda, sambil menjaga lengan tetap lurus.

Perhatikan dengan cermat titik di mana Anda dapat mengidentifikasi warnanya. Sungguh menakjubkan betapa sentralnya kartu tersebut sebelum Anda dapat melakukan ini, apalagi mengidentifikasi kecocokan atau nilainya. Apa yang ditunjukkan oleh eksperimen kecil ini adalah betapa tidak rinci (dan seringkali tidak akurat) penglihatan sadar kita, terutama di luar pusat bidang visual kita.

Baca Juga : Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun

Ini adalah batasan yang mengejutkan pada penglihatan sadar kita. Surat-surat itu dengan jelas ditampilkan tepat di depan, tapi tetap saja pikiran sadar kita menjadi bingung. Crowding adalah topik yang diperdebatkan dengan hangat dalam filsafat, psikologi, dan ilmu saraf. Kami masih tidak yakin mengapa kerumunan terjadi.

Salah satu teori populer adalah kegagalan dari apa yang disebut "integrasi fitur". Untuk memahami integrasi fitur, kami perlu memilih beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh sistem visual Anda. Bayangkan Anda sedang melihat kotak biru dan lingkaran merah. Sistem visual Anda tidak hanya harus mendeteksi properti di luar sana (kebiruan, kemerahan, melingkar, persegi).

Baca Juga : Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan

Itu juga harus menentukan properti mana yang dimiliki objek mana. Bagi kami, ini mungkin bukan tugas yang rumit. Namun, dalam otak visual, ini bukanlah masalah sepele. Dibutuhkan banyak komputasi yang rumit untuk mengetahui bahwa sirkularitas dan kemerahan adalah properti dari satu objek di lokasi yang sama.

Sistem visual perlu "merekatkan" lingkaran dan kemerahan sebagai milik objek yang sama, dan melakukan hal yang sama dengan kebiruan dan persegi. Proses perekatan ini adalah integrasi fitur. Menurut teori ini, yang terjadi saat berkerumun adalah sistem visual mendeteksi properti di luar sana, tetapi tidak dapat menentukan properti mana yang termasuk dalam objek mana.

Baca Juga : Dinosaurus Punah Karena Asteroid Tabrak Bumi & Jupiter? Ini Kata Peneliti

Akibatnya, apa yang Anda lihat adalah fitur-fitur yang berantakan, dan pikiran sadar Anda tidak dapat membedakan satu huruf dari yang lain. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 01:47:41 WIB

    Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars

    Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars NASA kembali menunjukkan penelitian terbarunya yang mengungkapkan kehidupan dari Bumi dapat bertahan sementara di atmosfer mirip Mars. Temuan ini membantu para ilmuwan untuk lebih memahami kemungkinan mengeksploitasi lingkung.
  • Senin, 22 Februari 2021 - 01:14:14 WIB

    Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun

    Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun Ilmuwan dalam penelitian baru mengklaim telah berhasil mengungkap kematian Firaun Mesir Seqenenre Taa II. Salah satu penguasa penting di masanya. Menurut hasil dari penelitian terbaru ini, ilmuwan mengklaim kalau Firaun Mesir.
  • Rabu, 17 Februari 2021 - 22:58:28 WIB

    Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan

    Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan Para ilmuwan sebelumnya telah bersepakat akan teori kemusnahan dinosaurus dengan nama "penabrak Chicxulub". Namun kini muncul teori baru terkait musnahnya makhluk raksasa ini. Teori "penabrak Chicxulub" ini dipercayai dengan .
  • Selasa, 16 Februari 2021 - 11:15:20 WIB

    Dinosaurus Punah Karena Asteroid Tabrak Bumi & Jupiter? Ini Kata Peneliti

    Dinosaurus Punah Karena Asteroid Tabrak Bumi & Jupiter? Ini Kata Peneliti Pelaku baru yang berhasil memusnahkan dinosaurus di Bumi telah ditemukan oleh para peneliti. Menurut peneliti, Amir Siraj, ini seperti mesin permainan pinball dan ada kerja Jupiter di dalamnya..
  • Sabtu, 13 Februari 2021 - 06:39:46 WIB

    Heboh NASA Bilang Matahari Akan Terbit dari Barat, Benarkah?

    Heboh NASA Bilang Matahari Akan Terbit dari Barat, Benarkah? Matahari bisa terbit dari barat. Itu isi sebuah postingan Facebook yang dibagikan belasan ribu kali dan mengklaim bahwa hal itu diumumkan oleh lembaga antariksa NASA. Benarkah demikian?.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]