Tertunda Sehari, Vaksin Covid-19 akan Tiba di Pekanbaru Besok Pagi


Senin, 04 Januari 2021 - 22:55:08 WIB
Tertunda Sehari, Vaksin Covid-19 akan Tiba di Pekanbaru Besok Pagi Ilustrasi. Net

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Setelah tertunda dari jadwal kedatangan hari ini, sekitar 20 ribu dosis vaksin Covid-19 akan tiba  di Pekanbaru provinsi Riau, Selasa (5/1/2021) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, keterlambatan datangnya vaksin tersebut karena ada kendala, kendaraan yang membawa vaksin melalui jalur darat. Dari informasi terakhir kendaraan yang membawa caksin tersebut sudah berada di Jambi, Senin pagi.

Baca Juga : Tim Pengacara Bakal Dampingi Tiga Mahasiwa Unilak yang Dipecat

“Vaksin diperkirakan subuh (hari ini red) sampai di Pekanbaru. Vaksin ini sementara akan disimpan di UPT dinas Kesehatan Instalansi farmasi, jalan Kesehatan, Senapelan, Pekanbaru. Selanjutnya baru kita serahkan ke daerah, sesuai dengan jatah diterima,” ujar Mimi seperti dilandsir Haluanriau.co, Senin (4/1/2021).

Dijelaskan Mimi, vaksin akan disuntikan kepada orang yang skala prioritas, terutama tenaga kesehatan. Setelah keluarnya hasil pemeriksaan dari balai POM. Jika sudah layak dan sesuai dengan peruntukannya maka akan langsung digunakan.

Baca Juga : FKPMR Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Riau

“Vaksin yang sampai tidak langsung dipakai. Karena kita masih menunggu hasil pemeriksan dari balai POM. Kalau sudah ada kelayakan dari vaksin itu, baru diberikan kepada Sumberdaya manusia kesehatan, mulai dari dokter perawat, supir ambulan, dan yang lainnya. Kalau tidak salah jumlah tenaga kesehatan di Riau itu mencapai 35 ribu. Kalau ada yang belum mendapatkannya nanti kembali akan dikirim tahap selanjutnya,” kata Mimi.

Sementara itu, untuk penambahan kasus terkonfirmasi positif di Provinsi Riau,  pada Senin (4/1) terdapat penambahan positif Covid-19 sebanyak 110 kasus, total pasien yang terkonfirmasi sebanyak 25.372 kasus. Untuk pasien yang sembuh dan pulang sebanyak 96 orang, total yang sembuh 23.628 orang. Pasien yang meninggal akibat Covid-19 bertambah 2 orang, total 599 orang meninggal.

Baca Juga : Jumat, Tiga Kepala Daerah Terpilih Dilantik Gubernur

“Kasus positif masih fluktuatif, jadi masyarakat harus tetap waspada terhadap penyebarab covid-19 ini. Setiap harinya masih terus bertambah yang positif Covid-19. Jangan lupa tetap memakai masker, hindarilag kerumunan. Jaga pola hidup bersih, dengan selalu mencuci tangan,” imbau Mimi. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]