Pemerintah Kucurkan Rp110 Triliun untuk Program Bansos Tunai 2021


Senin, 04 Januari 2021 - 23:18:30 WIB
Pemerintah Kucurkan Rp110 Triliun untuk Program Bansos Tunai 2021 Presiden Joko Widodo. Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno berharap bantuan tunai 2021 tersebut bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Selain itu, bantuan tunai tersebut diharapkan bisa juga untuk meningkatkan perekonomian.

"Kemudian tahap pelaksanaan, harus sudah matang disusun penyaluran secara detail dan pengawalan pelaksanaannya. Dan terakhir setelah pelaksanaan kegiatan yakni mengadministrasikan seluruh kegiatan dan pertanggungan keuangan secara tertib dan akuntable," kata Irwan usai menghadiri secara virtual di ruang kerja Gubernur, Senin (4/1/2021).

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 2,22% % atau 634 Kasus

Di awal sambutan Presiden Jokowi menyampaikan bahwa program Bansos tunai 2021 kembali lanjutkan di dalam APBN 2021, dengan mempersiapkan anggaran negara sebesar Rp110 Triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi Covid-19.

"Artinya bantuan ini kita Salurkan kepada 34 provinsi hari ini," ujar Jokowi.

Baca Juga : Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Mencapai 27.229 Kasus

Jokowi menegaskan program bansos tersebut harus maksimal kalau tidak ada potongan-potongan dan tepat sasaran. Ia menegaskan nilai yang diberikan kepada masyarakat harus utuh. Untuk itu, bantuan akan dikirimkan secara langsung baik melalui bank milik pemerintah maupun lewat kantor pos.

"Bantuan untuk masyarakat ini tidak ada potongan-potongan, bantuan diterima nilainya harus utuh sampai ke masyarakat. Dan harus segera disalurkan, agar masyarakat tidak menunggu terlalu lama,” tegasnya.

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah, Positivity Rate 7,49 %

Meski begitu, Jokowi meminta para menteri dan gubernur tetap mengawal proses penyaluran agar bisa cepat, tepat sasaran, dan tidak ada potongan. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Rilis
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]