Aneka Jenis Tanaman Hias yang Harganya Bakal Selangit di 2021, Ada yang Rp72 Juta per Tangkai


Rabu, 06 Januari 2021 - 10:48:10 WIB
Aneka Jenis Tanaman Hias yang Harganya Bakal Selangit di 2021, Ada yang Rp72 Juta per Tangkai Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tanaman hias kini menjadi hobi baru di tengah pandemi Covid-19. Meski dapat menghilangkan stres namun beberapa tanaman hias dijual dengan harga yang tak murah.

Pada tahun 2021 ini, ada beberapa tanaman yang diprediksi memiliki harga selangit. Berikut 10 tanaman di antaranya dirangkum CNBC Indonesia

Baca Juga : Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Kapal Mati Mesin dan 4 Nelayan dengan Selamat


1. Monstera Variegata

Pada 2020 tanaman ini cukup populer dan masih akan tetap eksis di 2021. Bentuk daunnya besar dan bercorak dengan warna perpaduan hijau serta putih.

Baca Juga : Awal Maret 2021, Harga Bawang Putih dan Merah Turun di Pasar Raya Padang

Corak daun dengan sedikit warna putih dihasilkan dari mutasi sel alias adanya kelainan. Namun karena keunikan inilah yang membuat harga Monstera Variegata menjadi tinggi. Tanaman hias ini dibanderol dari Rp 750 ribu hingga puluhan juta rupiah.

2. Bonsai

Baca Juga : Harga Emas Antam Tinggalkan Level Tertinggi, Bikin 'Senam Jantung'

Harga Bonsai umumnya senilai Rp3 juta. Sedangkan ada ukuran besar dengan harga mencapai Rp 27 juta. Tanaman berbentuk pohon kecil ini ternyata juga tak sepi peminat tahun lalu. Bonsai memiliki beragam jenis yakni pohon beringin sampai bougenville.

3. Monstera Obliqua

Baca Juga : Bika Bakar, Makanan Tradisional di Padang yang Bertahan hingga Kini

Tanaman yang dikenal juga sebagai janda bolong menjadi salah satu tanaman favorit di 2020. Monstera Obliqua punya daun berebntuk hati dengan motif berlubang dan tersusun rapi mengikuti ruas tulang daun.

Namun janda bolong punya harga tak murah. Bagi yang tertarik harus rela mengeluarkan uang mencapai ratusan juta rupiah dan ada juga yang menjual Rp30 juta per lembar daunnya.


4. Juliet Rose

Tanaman mawar ini hasil persilangan dilakukan oleh David Austin. Juliet Rose punya kelopak bunga dengan warna bernuansa sedikit oranye.

Juliet Rose cukup unik karena berbunga dan dipanen setelah 15 tahun. Jangan kaget ya, harganya juga unik karena mencapai US$5 juta atau sekitar Rp 72,9 miliar.

5. Saffron Crocus

Tidak hanya sekedar tanaman hias, saffron crocus juga dimanfaatkan sebagai penghasil rempah termahal di dunia.

Harga saffron sendiri yaitu sekitar 1.500 dolar per pon atau sekitar Rp21,9 juta per 453 gram, sedangkan untuk menghasilkan menghasilkan 500 gram saffron diperlukan sekitar 80.000 bunga.

6. Shenzhen Nongke Orchid

Tanaman ini ditasbihkan menjadi anggrek termahal di dunia. Yakni bisa mencapai 202 ribu dolar atau lebih dari Rp2 miliar.

Shenzhen Nongke Orchid cukup unik karena untuk satu tangkai bunga mekar butuh waktu empat sampai lima tahun sekali. Pengembangan nya bisa mencapai delapan tahun.

7. Anthurium

Anthurium merupakan tanaman hias yang sudah tren sejak bertahun-tahun lalu tetap tidak kehilangan pamornya hingga tahun 2020.

Di Indonesia, jenis tanaman anthurium yang populer adalah jenmani variegata. Karakteristik tanaman hias ini memiliki warna hijau dengan kombinasi putih atau kuning.

Harganya juga variatif, mulai dari harga Rp 2 juta hingga Rp 12 juta untuk jenis anthurium gelombang cinta yang besar.

8. Aglaonema Suksom

Tanaman hias aglaonema memiliki daun bercorak dan kombinasi warna yang membuat tanaman hias ini menjadi cantik. Jenis tanaman aglaonema yang memiliki nilai jual tinggi adalah pictum tricolor yang memiliki tiga warna.

Untuk mendapatkan tanaman hias ini, Anda harus merogoh kocek hingga Rp 10 juta.

9. Calathea

Corak dan kombinasi warna dari calathea begitu indah. Tanaman dari Amerika Selatan ini terkenal akan daunnya yang lebar dan motif daunnya yang unik.

Ada beragam jenis tanaman hias untuk jenis calathea ini, mulai dari calathea louisae, calathea ornata dan masih banyak lagi, Bunda. Harga calathea ini beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga mencapai jutaan rupiah.

10. Rothschild Orchid

Bunga anggrek ini dikenal sebagai anggrek gold of Kinabalu. Sesuai namanya, anggrek ini hidup di alam liar di Taman Nasional Kinabalu, Malaysia.

Karakteristik anggrek ini adalah warna ungu garis-garis dan sedikit berbulu. Anggrek ini sudah tergolong langka karena hampir punah, karena adanya penyelundupan bunga anggrek pada tahun 1987 silam.

Karena kelangkaan tersebut, tanaman hias ini memiliki harga yang fantastis, dijual seharga 5000 dolar atau setara dengan Rp72 juta pertangkainya. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menunggu anggrek ini mekar.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : CNBCindonesia
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]