Amriman: Dana BOP TPQ Dimanfaatkan untuk Menyejahterakan Pengajar


Kamis, 07 Januari 2021 - 19:54:20 WIB
Amriman: Dana BOP TPQ Dimanfaatkan untuk Menyejahterakan Pengajar Kabag Kesra Kota Padang, Amriman.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama dalam membantu pondok pesantren dan TPQ di masa Covid-19 memberikan sejumlah bantuan operasional. Hal itu berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama No 6005 tahun 2020 yang menyatakan setiap TPQ ataupun pondok pesantren mendapatkan bantuan operasional pendidikan Al-quran (LPQ/TPQ).

Di Provinsi Sumatra Barat, terdapat 3196 TPQ yang mendapatkan bantuan operasional tersebut. Nantinya, bantuan operasional yang diberikan dapat digunakan untuk membayar honor pendidik, kegiatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 hingga pembiayaan prokes seperti masker hingga penyemprotan disinfektan.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Senin 01 Maret 2021

Kabag Kesra Kota Padang, Amriman mengatakan dana tersebut bersumber dari DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Untuk setiap TPQ akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp10 juta.

"Bantuan itu nanti untuk menyejahterakan tenaga pengajarnya juga di tiap-tiap kecamatan," katanya, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga : 1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng

Untuk mendapatkan bantuan tersebut TPQ harus aktif menyelenggarakan kegiatan pembelajaran. Kemudian, juga harus terdaftar di Kementerian Agama dengan bukti nomor Statistik Lembaga. Pengajuan bantuan dapat melalui usulan Kanwil Kemenag atau organisasi yang menauingi pesantren atau TPQ tersebut.

Lalu, pengajuan bantuan juga dilakukan secara tertulis dan ditanda tangani Kanwil Kemenag dan ditujukan kepada Direktur Pendidikan Diniyah dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Nantinya, Ditpdpontren melakukan verifikasi daftar lembaga yang mengajukan BOP tersebut.

Baca Juga : Hendri Septa Lepas 30 Pejabat Eselon III Pemko Padang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

"Pemko Padang dan Kemenag Padang saling besinergi dalam penyaluran BOP tersebut. Kemenag bertugas untuk mengawasi penyalurannya. Di tiap-tiap kecamatan ada personil Kemenag yang mengawasinya," jelas Amriman. (*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]