Awal Tahun 2021, Pembayar Pajak Kendaraan di Samsat Padang Membludak


Kamis, 07 Januari 2021 - 21:08:53 WIB
Awal Tahun 2021, Pembayar Pajak Kendaraan di Samsat Padang Membludak Suasana di kantor Samsat Padang. Banyak warga yang menunggu antrian sembari dipanggil nomor urut pembayaran pajak.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tahun baru 2021 memasuki hari ketujuh, hiruk pikuk masih terasa. Seperti yang terlihat di Kantor Samsat Padang, Provinsi Sumbar. Berdasarkan pantauan Harianhaluan.com, Kamis (7/1/2021) kantor tersebut ramai dikunjungi. Meski tidak seramai saat pemutihan pajak.

Di sudut lain, tampak petugas yang melayani keluar masuk pengunjung tetap berjaga secara bergantian. Demi memastikan protokoler kesehatan yang wajib dijalankan. Dengan SOP, petugas wajib mengecek suhu tubuh pengunjung dan wajib menjaga jarak ketika memasuki kantor Samsat Padang.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Senin 01 Maret 2021

Salah seorang wajib pajak, Mel Wilda mengaku datang untuk membayar pajak tahunan. Bersama keluarganya, wanita yang akrab disapa Mel itu juga mengaku setiap tahunnya rutin membayar pajak di kantor Samsat.

"Rutin setiap tahun ke Samsat untuk bayar pajak. Pas jadwal bayar pajak, saya langsung bayar. Supaya tidak didenda, sebagai warga yang baik harus bayar pajak tepat waktu," kata Mel, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga : 1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng

Mel pun mengaku tetap memperhatikan protokol kesehatan ketika memasuki kantor Samsat. Dengan memakai masker dan cuci tangan dengan hand sanitizer.

"Iya tadi kan diperiksa dulu sama petugas. Biar aman, kita juga disuruh jaga jarak dan pakai masker," jelas Mel.

Baca Juga : Hendri Septa Lepas 30 Pejabat Eselon III Pemko Padang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Sebelumnya, Pemprov Sumbar melalui Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) setempat memberlakukan program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor (PKB). Tak hanya itu, juga membebaskan bea balik nama balik kendaraan bermotor (BBNKB) hingga 15 Desember 2020.

Kepala Bakeuda Sumbar, Zaenuddin saat dihubungi Harianhaluan.com, Rabu (18/11/2020) menjelaskan, sebenarnya itu bukan pemutihan pajak tetapi khusus pemutihan denda pajak, dan pemutihan biaya balik nama kendaraan bermotor.

Baca Juga : PLTU Teluk Sirih Disiapkan Pemko Padang untuk Ketersediaan Energi Listrik Bagi Investor

"Jadi biaya kendaraan bermotor itu, misalkan saya beli mobil waktu dulu tapi belum dibalikan atas nama saya. Kalau dulu kan ada biaya balik nama tapi kini tidak ada lagi sudah ditiadakan," jelas Zaenuddin. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]